RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
1.Identitas Sekolah
Satuan Pendidikan :
SMA
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani
Kesehatan dan Olahraga
Kelas/Semester : X / Genap
Pokok Bahasan : Karate
Sub Pokok
Bahasan : Teknik
Kuda-Kuda,Langkah,Pukulan Dan Tangkisan
Alokasi waktu : 2 x 40 menit
Pertemuan :
1 (satu)
2.Standar Kompetensi
Mempraktikan
berbagai teknik dasar permainan dan olahraga, dan nilai-nilai yang terkandung
di dalamnya
3.Kompetensi
Dasar
Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu
permainan olahraga bela diri lanjutan dengan benar dan lancar serta nilai keberanian, kejujuran,
menghormati lawan dan percaya diri
4.Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Melakukan
kombinasi teknik
dasar kuda-kuda dengan benar
2.
Melakukan kombinasi teknik dasar langkah dengan benar
3.
Melakukan kombinasi teknik dasar pukulan dengan benar
4.
Melakukan kombinasi teknik dasar tangkisan dengan benar
5.Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa
dapat melakukan kombinasi teknik dasar kuda-kuda
dengan benar
2.
Siswa
dapat melakukan
kombinasi teknik dasar langkah dengan benar
3.
Siswa
dapat melakukan
kombinasi teknik dasar pukulan dengan benar
4.
Siswa
dapat melakukan
kombinasi teknik dasar tangkisan dengan benar
6.
Materi Pembelajaran
Karate
Karate
1.
Teknik
dasar kuda-kuda
2.
Teknik dasar langkah
3.
Teknik dasar pukulan
4. Teknik dasar tangkisan
7.
Alokasi Waktu Materi
No.
|
Materi
|
Waktu
|
1
|
Teknik dasar kuda-kuda
|
15 menit
|
2
|
Teknik dasar langkah
|
15 menit
|
3
|
Teknik dasar pukulan
|
15 menit
|
4
|
Teknik dasar tangkisan
|
15 menit
|
8.
Metode Pembelajaran
No.
|
Materi
|
Metode
|
1
|
Teknik dasar kuda-kuda
|
Demonstrasi
dan penugasan
|
2
|
Teknik dasar langkah
|
Demonstrasi
dan penugasan
|
3
|
Teknik dasar pukulan
|
Demonstrasi
dan penugasan
|
4
|
Teknik dasar tangkisan
|
Demonstrasi
dan penugasan
|
9. Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 Menit)
·
Preparasi/persiapan
§ Siswa
di bariskan
§ Mengabsen
siswa
§ Pemanasan
dan berdoa
·
Apresiasi tidak ada
·
Motivasi
Menjelaskan
manfaat dari bela diri karate
Inti Pembelajaran (70
Menit)
a. Eksplorasi
(10 Menit)
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1.
Mempraktekkan
teknik
dasar kuda-kuda depan, belakang, samping dan tengah
2.
Mempraktekkan
teknik
asar langkah segaris, tegak lurus dan langkah serong
3.
Mempraktekkan
teknik
dasar pukulan atas, bawah, depan dan
samping
4.
Mempraktekkan
teknik
dasar tangkisan tangkisan satu tangan, tangkisan siku, tangkisan dua lengan dan
tangkisan kaki
b. Elaborasi
(60 Menit)
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
·
Strategi
pelaksanaan dengan menggunakan model penugasan
1. Siswa melakukan teknik
dasar kuda-kuda depan, belakang, samping dan tengah
2.
Siswa melakukan teknik asar langkah segaris, tegak
lurus dan langkah serong
3.
Siswa melakukan teknik dasar pukulan atas, bawah, depan dan samping
4.
Siswa melakukan teknik dasar tangkisan tangkisan satu
tangan, tangkisan siku, tangkisan dua lengan dan tangkisan kaki
Gambar
: Gerakan Kuda-Kuda
Gambar :
Gerakan Pukulan
c.
Konfirmasi (10 Menit)
· Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari seluruh
proses pembelajaran yang telah selesai
· Guru membuat penilaian terhadap keberhasilan proses
pembelajaran secara transparan
· Guru dan peserta didik melakukan refleksi apa yang telah
dicapai dan belum dicapai sesuai dengan tujuan yang ditetapkan
Penutup Pembelajaran (10 Menit)
·
Motivasi
Memberikan Pujian kepada siswa
yang sudah memahami materi dan dorongan kepada siswa yang belum memahami materi
·
Preparasi
§ Memberikan
kesempatan untuk bertanya
§ Memberi
rangkuman
§ Memberi
penjelasan singkat tentang materi
§ Siswa
melakukan pendinginan
§ Berdoa
10. Penilaian Pembelajaran
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Aspek
Psikomotor
·
Melakukan variasi dan kombinasi teknik
dasar dengan benar (kuda-kuda, langkah, pukulan dan tangkis)
Aspek
Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan
kombinasi teknik dasar, gerak langkah, kuda-kuda, pukulan dan tangkis
Aspek Afektif
· Dapat
bekerjasama dengan teman dalam kelompok,
keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh
Kinerja
Pilihan
ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan variasi dan kombinasi teknik
dasar dengan benar (kuda-kuda, langkah, pukulan dan tangkis) dan sambung
Sebutkan bentuk –bentuk variasi dan
kombinasi teknik dasar, gerak langkah, kuda-kuda, pukulan dan tangkis
Kerjasama dengan teman dalam
kelompok, keberanian, kejujuran,
menghormati lawan dan percaya diri
|
Teknik
penilaian:
- Tes unjuk
kerja (psikomotor):
Lakukan koordinasi
teknik dasar kuda-kuda, langkah,
pukulan dan tangkisan
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas
unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
Jumlah
skor yang diperoleh
Nilai =
----------------------------------------- X 100
Jumlah
skor maksimal
- Pengamatan
sikap (afeksi):
Lakukan koordinasi teknik dasar kuda-kuda, langkah, pukulan dan tangkisan
nilai dengan menekankan pada nilai keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan
percaya diri
Keterangan:
Berikan tanda
cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan
atau menampilkan perilaku yang diharapkan.
Tiap perilaku yang di cek ( √ ) memdapat nilai 1
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai =
----------------------------------------- X 100
Jumlah
skor maksimal
- Kuis/embedded test (kognisi):
Jawab secara lisan atau peragakan dengan
baik, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak dalam teknik dasar kuda-kuda, langkah, pukulan dan tangkisan
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas
jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
Jumlah
skor yang diperoleh
Nilai =
----------------------------------------- X 100
Jumlah skor maksimal
- Nilai akhir yang diperoleh siswa =
Nilai tes
unjuk kerja + nilai observasi + nilai kuis
|
2. Rubrik
Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA TEKNIK DASAR KARATE
Aspek Yang Dinilai
|
Kualitas Gerak
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1.
Variasi dan kombinasi gerakan kuda-kuda
dan langkah seirama (tidak terputus)
2. Variasi
dan kombinasi gerakan pukulan dan
tangkisan tidak terputus
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
|||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 100
|
|
RUBRIK PENILAIAN
PERILAKU DALAM
KARATE
PERILAKU
YANG DIHARAPKAN
|
CEK (√
)
|
1. Berani (tidak ragu-ragu
saat melakukan serangan/tangkisan)
|
|
2. Jujur (mengakui keunggulan lawan )
|
|
3.
Menghormati lawan (tidak melukai/mecelakakan lawan )
|
|
JUMLAH
|
|
JUMLAH
SKOR MAKSIMAL: 100
|
|
RUBRIK PENILAIAN
PEMAHAMAN KONSEP KARATE
Pertanyaan yang diajukan
|
Kualitas Jawaban
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1. Bagaimana
posisi lutut saat melakukan kuda-kuda depan ?
2. Bagaimana posisi gerakan lengan yang benar
pada saat melakukan tangkisan lengan ke arah luar ?
3. Bagaimana posisi badan yang benar pada saat
melakukan kuda-kuda ?
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
|||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 100
|
|
11. Sumber Belajar
- Ruang terbuka yang datar dan aman
- Buku teks
- Buku referensi, , Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas X,
- Lembar Kerja Proses Belajar, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Mengetahui Guru
Kepala Sekolah Mata
Pelajaran
(………………………………) (………………………………)
NIP. NIP.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus