RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
1.Identitas Sekolah
Satuan Pendidikan :
SMA
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani
Kesehatan dan Olahraga
Kelas/Semester : X / Genap
Pokok Bahasan : Renang Gaya Bebas
Sub Pokok
Bahasan : Gerakan Kaki dan Lengan Serta Cara Pernapasan
Alokasi waktu : 2 x 45 menit
Pertemuan :
1 (satu)
2.Standar
Kompetensi
Mempraktikan teknik dasar renang gaya bebas dan
nilai-nilai yang terkandung didalamnya
3.Kompetensi
Dasar
Mempraktikan ko mbinasi teknik da sar salah satu permainan dan olah raga
lanjutan dengan baik serta nilai
kerjasama , toleransi , percaya diri,
keberanian, menghargai lawan,bersedia
berbagi tempat dan peralatan *
4.Indikator
Pencapaian Kompetensi
a.
Melakukan tehnik dasar gerakan kaki renang gaya bebas,
dengan benar
b.
Melakukan teknik dasar gerakan lengan renang gaya bebas, dengan benar
c.
Melakukan teknik dasar pernapasan renang gaya bebas, dengan benar
d.
Melakukan teknik dasar renang gaya bebas, dengan benar
5.Tujuan Pembelajaran
a.
Siswa dapat melakukan tehnik dasar gerakan
kaki renang gaya bebas, dengan benar
b.
Siswa dapat melakukan teknik dasar gerakan lengan renang gaya bebas, dengan benar
c.
Siswa dapat melakukan teknik dasar pernapasan renang gaya bebas, dengan benar
d.
Siswa dapat melakukan teknik dasar renang gaya bebas, dengan benar
6. Materi Pembelajaran
Renang Gaya Bebas
·
Gerakan kaki renang gaya bebas
·
Gerakan lengan renang gaya bebas
·
Gerakan pernafasan renang gaya bebas
·
Renang gaya bebas
7.
Alokasi Waktu Materi
No.
|
Materi
|
Waktu
|
1
|
Teknik Gerakan kaki renang gaya bebas
|
10 menit
|
2
|
Teknik Gerakan lengan renang gaya
bebas
|
10 menit
|
3
|
Gerakan pernafasan renang gaya bebas
|
10 menit
|
4
|
Lomba renang dengan modifikasi
|
20 menit
|
8.
Metode Pembelajaran
No.
|
Materi
|
Metode
|
1
|
Teknik gerakan kaki renang gaya bebas
|
Demonstrasi
dan penugasan
|
2
|
Teknik gerakan lengan renang gaya
bebas
|
Demonstrasi
dan penugasan
|
3
|
Gerakan pernafasan renang gaya bebas
|
Demonstrasi
dan penugasan
|
4
|
Lomba renang dengan modifikasi
|
Latihan dan penugasan
|
9. Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 Menit)
·
Preparasi/persiapan
§ Siswa
di bariskan
§ Mengabsen
siswa
§ Pemanasan
dan berdoa
·
Apresiasi tidak ada
·
Motivasi
Menjelaskan
manfaat dari renang gaya bebas
Inti Pembelajaran (70
Menit)
a. Eksplorasi
(10 Menit)
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
1.
Memperaktekkan
teknik Gerakan kaki renang gaya bebas
2.
Memperaktekkan
teknik gerakan lengan renang gaya bebas
3.
Memperaktekkan
teknik Gerakan pernafasan renang gaya bebas
4.
Menjelaskan cara
berlomba renang dengan peraturan yang di modifikasi
b.
Elaborasi (50 Menit)
1. Melakukan tehnik dasar gerakan
kaki renang gaya bebas
2. Melakukan teknik dasar
gerakan lengan renang gaya bebas
3. Melakukan teknik dasar pernapasan renang gaya bebas
4. Berlomba renang renang
gaya bebas dengan peraturan modifikasi
Gambar : Teknik gerakan lengan
Gambar : lomba renang dengan
peraturan modifikasi
c.
Konfirmasi (10 Menit)
· Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari seluruh
proses pembelajaran yang telah selesai
· Guru membuat penilaian terhadap keberhasilan proses
pembelajaran secara transparan
· Guru dan peserta didik melakukan refleksi apa yang telah
dicapai dan belum dicapai sesuai dengan tujuan yang ditetapkan
Penutup Pembelajaran (10 Menit)
·
Motivasi
Memberikan Pujian kepada siswa
yang sudah memahami materi dan dorongan kepada siswa yang belum memahami materi
·
Preparasi
§ Memberikan
kesempatan untuk bertanya
§ Memberi
rangkuman
§ Memberi
penjelasan singkat tentang materi
§ Siswa
melakukan pendinginan
§ Berdoa
10. Penilaian Pembelajaran
Penilaian dilaksanakan selama proses dan
sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Aspek Psikomotor
·
Melakukan tehnik dasar gerakan kaki renang gaya bebas
·
Melakukan teknik dasar gerakan lengan renang gaya bebas
·
Melakukan teknik dasar gerakan pernafasan renang gaaya bebas
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk latihan teknik dasar gerakan kaki, lengan dan
pernafasan renang gaaya bebas
Aspek Afektif
·
Disiplin dan kebersihan
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
· Lakukan gerakan kaki
renang gaya bebas !
· Lakukan gerakanlengan
renang gaya bebas !
· Lakukan gerakan pernafasan
renang gaya bebas !
Bentuk gerakan kaki renang gaya bebas yang benar, adalah .
Disiplin dan kebersihan
|
1. Teknik
penilaian:
- Tes unjuk kerja (psikomotor):
Lakukan teknik dasar renang gaya bebas
Keterangan:
Berikan penilaian
terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1
sampai dengan 4
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = ----------------------------------------- X
100
Jumlah skor maksimal
- Pengamatan sikap (afeksi):
Melakukan renang
gaya bebas dengan memperhatikan disiplin, keberanian dan
kebersihan
Keterangan:
Berikan tanda cek
( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau
menampilkan perilaku yang diharapkan.
Tiap perilaku yang di cek ( √ ) memdapat nilai 1
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = ----------------------------------------- X
100
Jumlah skor maksimal
-
Kuis/embedded test (kognisi):
Jawab
secara lisan atau peragakan dengan baik, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep
renang gaya bebas
Keterangan:
Berikan penilaian
terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai
dengan 4
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = ----------------------------------------- X
100
Jumlah
skor maksimal
- Nilai akhir yang diperoleh siswa =
Nilai tes
unjuk kerja + nilai observasi + nilai kuis
|
- Rubrik Penilaian
RUBRIK
PENILAIAN
UNJUK KERJA TEKNIK DASAR MELAKUKAN RENANG GAYA
BEBAS
Aspek Yang
Dinilai
|
Kualitas Gerak
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1
Gerakan kaki memukul permukaan air dengan posisi
pergelangannya diluruskan
|
|
|
|
|
2
Gerakan lutut kaki saat melakukan gerakan kaki renang
gaya bebas tertekuk
3
Bentuk gerakan renang mengangkat sikut dan meluruskan
lengan ke depan
4
Bentuk gerakan saat melakukan pernafasan memutar leher
ke samping atau kanan
|
||||
JUMLAH
|
|
|||
JUMLAH SKOR
MAKSIMAL: 100
|
|
RUBRIK PENILAIAN
PERILAKU DALAM RENANG GAYA BEBAS
PERILAKU YANG DIHARAPKAN
|
CEK (√ )
|
1
Kerjasama
(saling membantu )
|
|
2
Tolong
menolong
|
|
3
Memperhatikan
keselamatan dalam perjalanan
|
|
4
Menjaga kebersihan lingkungan (tidak buang sampah sembarangan
|
|
Jumlah
|
|
Jumlah skor maksimal 100
|
|
|
|
RUBRIK PENILAIAN
PEMAHAMAN KONSEP RENANG GAYA BEBAS
Pertanyaan yang diajukan
|
Kualitas Jawaban
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1. Bagaimana
bentuk gerakan kaki renang gaya bebas?
|
|
|
|
|
2. Bagaimana bentuk gerakan lengan gaya bebas ?
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
|||
JUMLAH SKOR
MAKSIMAL: 100
|
|
11. Sumber Belajar
·
ATK
·
Ruang
terbuka/lingkungan sekolah
·
Buku teks
·
Buku referensi, ,
Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas X,
·
Lembar
Kerja Proses Belajar, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Mengetahui Guru
Kepala Sekolah Mata
Pelajaran
(………………………………) (………………………………)
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar