RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
1.Identitas Sekolah
Satuan Pendidikan :
SMA
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani
Kesehatan dan Olahraga
Kelas/Semester : X / Genap
Pokok Bahasan : Lari Jarak Menengah
Sub Pokok
Bahasan : Teknik Start, Lari Dan
Memasuki Finish
Alokasi waktu : 2 x 45 menit
Pertemuan :
1 (satu)
2.Standar
Kompetensi
Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan
olahraga, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
3.Kompetensi
Dasar
Mempraktikan ko mbinasi teknik da sar salah satu permainan dan olah raga
lanjutan dengan baik serta nilai
kerjasama , toleransi , percaya diri,
keberanian, menghargai lawan,bersedia
berbagi tempat dan peralatan *
4.Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.
Melakukan teknik dasar start berdiri, dengan benar
2.
Melakukan kombinasi teknik dasar start berdiri, lari dan
finish, dengan benar
3.
Melakukan lomba lari jarak menengah dengan peraturan
yang dimodifikasi, dengan benar
5.Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa dapat melakukan teknik dasar start berdiri, dengan
benar
2.
Siswa dapat melakukan kombinasi teknik dasar start
berdiri, lari dan finish, dengan
benar
3.
Siswa dapat melakukan lomba lari jarak menengah dengan
peraturan yang dimodifikasi, dengan
benar
6. Materi Pembelajaran
Lari jarak Menengah
1.
Teknik
dasar start berdiri
2.
Kombinasi tehnik dasar strat, lari dan finish
3.
Lomba
lari jarak pendek dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai
disiplin, percaya diri dan kejujuran
7.
Alokasi Waktu Materi
No.
|
Materi
|
Waktu
|
1
|
Teknik Start berdiri
|
15 menit
|
2
|
Teknik start,lari
dan finish
|
15 menit
|
3
|
Lomba lari dengan dimodifikasi
|
20 menit
|
8.
Metode Pembelajaran
No.
|
Materi
|
Metode
|
1
|
Teknik Start berdiri
|
Demonstrasi
dan penugasan
|
2
|
Teknik start,lari
dan finish
|
Demonstrasi
dan penugasan
|
3
|
Lomba lari dengan dimodifikasi
|
Latihan
dan penugasan
|
9. Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 Menit)
·
Preparasi/persiapan
§ Siswa
di bariskan
§ Mengabsen
siswa
§ Pemanasan
dan berdoa
·
Apresiasi tidak ada
·
Motivasi
Menjelaskan
manfaat dari lari jarak menengah
Inti Pembelajaran (70
Menit)
a. Eksplorasi
(10 Menit)
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
1. Memperaktekkan teknik Start berdiri
2. Mempraktekkan Teknik start,lari dan finish
3. Menjelaskan cara lomba lari dengan peraturan modifikasi
b.
Elaborasi (50 Menit)
1. Melakukan teknik Start berdiri
2. Melakukan teknik
start,lari dan finish
3.
Gambar : start berdiri
c.
Konfirmasi (10 Menit)
· Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari seluruh
proses pembelajaran yang telah selesai
· Guru membuat penilaian terhadap keberhasilan proses
pembelajaran secara transparan
· Guru dan peserta didik melakukan refleksi apa yang telah
dicapai dan belum dicapai sesuai dengan tujuan yang ditetapkan
Penutup Pembelajaran (10 Menit)
·
Motivasi
Memberikan Pujian kepada siswa
yang sudah memahami materi dan dorongan kepada siswa yang belum memahami materi
·
Preparasi
§ Memberikan
kesempatan untuk bertanya
§ Memberi
rangkuman
§ Memberi
penjelasan singkat tentang materi
§ Siswa
melakukan pendinginan
§ Berdoa
10. Penilaian Pembelajaran
Penilaian dilaksanakan selama proses dan
sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Aspek Psikomotor
·
Melakukan tehnik dasar strat, lari dan finish dengan koordinasi yang baik
·
Melakukan lomba lari dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk teknik dasar dasar start berdiri, lari dan finish
dengan koordinasi yang baik
Aspek Afektif
·
Kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan,
bersedia berbagi tempat dan peralatan
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan teknik start berdiri, lari dan finish dengan koordinasi yang baik
!
Pendaratan telapak kaki
yang benar saat lari jarak menengah, adalah .
Kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian,
menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
|
1. Teknik penilaian:
- Tes unjuk kerja (psikomotor):
Lakukan
teknik dasar lari jarak menengah
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan
rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
Jumlah skor
yang diperoleh
Nilai = -----------------------------------------
X 100
Jumlah skor
maksimal
- Pengamatan sikap (afeksi):
Lakukan teknik dasar lari jarak menengah dengan peraturan yang telah
dimodifikasi untuk menanamkan nilai
kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia
berbagi tempat dan peralatan
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan,
setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang
diharapkan. Tiap perilaku yang di cek (
√ ) memdapat nilai 1
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = ----------------------------------------- X
100
Jumlah
skor maksimal
-
Kuis/embedded test (kognisi):
Jawab secara lisan atau peragakan dengan baik,
pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak dalam teknik dasar lari jarak
menengah
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang
nilai antara 1 sampai dengan 4
Jumlah skor
yang diperoleh
Nilai = -----------------------------------------
X 100
Jumlah skor maksimal
-
Nilai
akhir yang diperoleh siswa =
Nilai tes
unjuk kerja + nilai observasi + nilai kuis
|
2. Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA TEKNIK DASAR LARI JARAK MENENGAH
Aspek Yang
Dinilai
|
Kualitas Gerak
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1.
Gerakan
lengan diayun depan belakang beberapa senti meter di atas pinggang
2. Gerakan kaki tidak terlalu cepat
3. Pendaratan telapak kaki
menggunakan sisi bagian tengah telapak kaki
4.
Posisi
badan agak condong ke depan
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
|||
JUMLAH SKOR
MAKSIMAL: 100
|
|
RUBRIK PENILAIAN
PERILAKU
DALAM LARI JARAK MENENGAH
PERILAKU YANG DIHARAPKAN
|
CEK (√ )
|
1. Bekerja sama dengan teman dalam melakukan
kegiatan
|
|
2. Toleransi/menghargai lawan
|
|
3. Percaya diri/keberanian( bersungguh-sungguh
dalam bermain)
|
|
4. Bersedia berbagi tempat dan peralatan
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL 100
|
|
|
|
RUBRIK PENILAIAN
PEMAHAMAN KONSEP
LARI JARAK MENENGAH
Pertanyaan yang diajukan
|
Kualitas Jawaban
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1.
Bagaimana
pendaratan telapak kaki lari jarak menengah?
2.
Bagaimana
posisi gerakan lengan yang benar pada saat melakukan lari jarak menengah?
3.
Bagaimana
posisi badan yang benar pada saat melakukan lari jarakmenengah ?
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
|||
JUMLAH SKOR
MAKSIMAL: 100
|
|
11. Sumber Belajar
- Ruang terbuka yang datar dan aman
- Bendera start dan finish
- Buku teks
- Buku referensi, , Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas X
- Lembar Kerja Proses Belajar, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Mengetahui Guru
Kepala Sekolah Mata
Pelajaran
(………………………………) (………………………………)
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar