RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
1.Identitas Sekolah
Satuan Pendidikan :
SMA
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani
Kesehatan dan Olahraga
Kelas/Semester : X / Genap
Pokok Bahasan : Bola Basket
Sub Pokok
Bahasan : Passing Depan
Dada,Pantul,Atas Kepala
Alokasi waktu : 2 x 45 menit
Pertemuan :
1 (satu)
2.Standar Kompetensi
Mempraktikan berbagai teknik dasar
permainan dan olahraga, dan nilai-nilai
yang terkandung di dalamnya
3.Kompetensi
Dasar
Mempraktikkan variasi dan
kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola
besar lanjutan dengan koordinasi yang
baik serta nilai kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian,
menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
4.Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.
Melakukan variasi dan kombinasi teknik
dasar passing dada dengan konsisten dan
benar
2.
Melakukan variasi dan kombinasi teknik
dasar pantul dengan konsisten dan benar
3.
Melakukan variasi dan kombinasi teknik
dasar dari atas kepala dengan konsisten
dan benar
4.
Bermain bolabasket dengan baik menggunakan peraturan yang
dimodifikasi untuk memupuk nilai kerja
sama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan bersedia berbagi
tempat dan peralatan
5.Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa dapat melakukan variasi dan kombinasi
teknik dasar passing dada dengan
konsisten dan benar
2.
Siswa dapat melakukan variasi dan
kombinasi teknik dasar pantul dengan
konsisten dan benar
3.
Melakukan variasi dan kombinasi teknik
dasar dari atas kepala dengan konsisten
dan benar
4.
Siswa dapat bermain bolabasket dengan baik menggunakan
peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk nilai kerja sama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan
bersedia berbagi tempat dan peralatan
6. Materi Pembelajaran
Permainan
Bolabasket
1.
Teknik
dasar passing dada
2.
Teknik
dasar pantul
3.
Teknik
dasar dari atas kepala
4. Bermain bolabasket dengan baik menggunakan peraturan yang
dimodifikasi
7.
Alokasi Waktu Materi
No.
|
Materi
|
Waktu
|
1
|
Teknik dasar passing dada
|
10 menit
|
2
|
Teknik dasar pantul
|
10 menit
|
3
|
Teknik dasar dari atas kepala
|
10 menit
|
4
|
Bermain bolabasket dengan dimodifikasi
|
20 menit
|
8.
Metode Pembelajaran
No.
|
Materi
|
Metode
|
1
|
Teknik dasar passing dada
|
Demonstrasi
dan penugasan
|
2
|
Teknik dasar pantul
|
Demonstrasi
dan penugasan
|
3
|
Teknik dasar dari atas kepala
|
Demonstrasi
dan penugasan
|
4
|
Bermain bolabasket dengan dimodifikasi
|
Latihan
dan penugasan
|
9. Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 Menit)
·
Preparasi/persiapan
§ Siswa
di bariskan
§ Mengabsen
siswa
§ Pemanasan
dan berdoa
·
Apresiasi tidak ada
·
Motivasi
Menjelaskan
manfaat dari permainan bola basket
Inti Pembelajaran (70
Menit)
a. Eksplorasi
(10 Menit)
1. Memperaktekkan variasi dan kombinasi teknik dasar passing
dada menggunakan dua tangan dengan konsisten
2. Memperaktekkan variasi dan kombinasi teknik dasar pantul
dengan konsisten
3. Memperaktekkan variasi dan kombinasi teknik dasar dari
atas kepala dengan konsisten
4. Menjelaskan
cara bermain bolabasket dengan peraturan yang dimodifikasi
secara berkelompok
b. Elaborasi
(50 Menit)
1. Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar passing dada
menggunakan dua tangan dengan konsisten
2. Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar pantul
dengan konsisten
3. Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar dari atas
kepala dengan konsisten
4. Bermain bolabasket dengan peraturan yang dimodifikasi
secara berkelompok
Gambar : Passing depan dada Gambar : Passing pantul
kebawah
Gambar : Passing dari atas kepala Gambar : Bermain dengan peraturan modifikasi
c.
Konfirmasi (10 Menit)
· Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari seluruh
proses pembelajaran yang telah selesai
· Guru membuat penilaian terhadap keberhasilan proses
pembelajaran secara transparan
· Guru dan peserta didik melakukan refleksi apa yang telah
dicapai dan belum dicapai sesuai dengan tujuan yang ditetapkan
Penutup Pembelajaran (10 Menit)
·
Motivasi
Memberikan Pujian kepada siswa
yang sudah memahami materi dan dorongan kepada siswa yang belum memahami materi
·
Preparasi
§ Memberikan
kesempatan untuk bertanya
§ Memberi
rangkuman
§ Memberi
penjelasan singkat tentang materi
§ Siswa
melakukan pendinginan
§ Berdoa
10. Penilaian Pembelajaran
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Aspek
Psikomotor
· Variasi dan
kombinasi teknik dasar passing (dada, pantul dan dari atas kepala) dengan koordinasi yang baik
· Bermain dengan
pe-raturan yang di modifik
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan kombinasi
teknik dasar passing
Aspek Afektif
· Dapat
bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan
berbagi tempat serta peralatan dengan teman
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan
ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan variasi kombinasi teknik dasar passing (dada,
pantul dan dari atas kepala) dengan
koordinasi yang baik
Dapat bekerjasama dengan teman dalam
kelompok dan berbagi tempat serta
peralatan dengan teman
|
Teknik penilaian:
- Tes unjuk
kerja (psikomotor):
Lakukan teknik dasar passing ( dada, pantul
dan dari atas kepala)
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas unjuk kerja
peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
Jumlah
skor yang diperoleh
Nilai =
----------------------------------------- X 100
Jumlah
skor maksimal
- Pengamatan
sikap (afeksi):
Mainkan permainan bolabasket dengan peraturan
yang telah dimodifikasi. Taati
aturan permainan, kerjasama dengan teman satu tim dan tunjukkan perilaku
sportif.
Keterangan:
Berikan tanda
cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan
atau menampilkan perilaku yang diharapkan.
Tiap perilaku yang di cek ( √ ) memdapat nilai 1
Jumlahskor yang diperoleh
Nilai = ----------------------------------------- X
100
Jumlah skor maksimal
- Kuis/embedded
test (kognisi):
Jawab secara
lisan atau peragakan dengan baik, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak
dalam permainan bolabasket
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas jawaban
peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
Jumlah
skor yang diperoleh
Nilai
= -----------------------------------------
X 100
Jumlah
skor maksimal
- Nilai akhir yang diperoleh siswa =
Nilai tes
unjuk kerja + nilai observasi + nilai kuis
|
2. Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
PSIKOMOTOR
UNJUK KERJA
TEKNIK DASAR PERMAINAN B0LABASKET
Aspek Yang Dinilai
|
Kualitas Gerak
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1. Posisi bola saat akan melakukan passing
dada dipegang di depan dada
2. Bentuk gerakan lengan saat melakukan
passing dada mendorong bola ke depan lurus
3. Posisi bola saat akan melakukan passing
pantul di depan dada
4. Bentuk gerakan lengan saat melakukan
passing pantul mendorong bola lurus ke depan bawah
5. Posisi bola saat akan melakukan passing
dari atas kepala dipegang di atas kepala
6. Bentuk gerakan lengan saat melakukan
passing dari atas kepala mengayun kedepan lurus
|
||||
JUMLAH
|
||||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 100
|
RUBRIK PENILAIAN
AFEKTIF
PERILAKU DALAM PERMAINAN
BOLABASKET
PERILAKU
YANG DIHARAPKAN
|
CEK (√
)
|
1. Bekerja sama dengan teman
satu tim
|
|
2. Berani menembus pertahanan lawan
|
|
3. Mentaati peraturan
|
|
4. Menghormati wasit
|
|
5. Menunjukkan sikap bersungguh-sungguh dalam
bermain
|
|
JUMLAH
|
|
JUMLAH
SKOR MAKSIMAL: 100
|
RUBRIK PENILAIAN
KOGNITIF
PEMAHAMAN KONSEP
GERAK DALAM PERMAINAN BOLABASKET
Pertanyaan yang diajukan
|
Kualitas Jawaban
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1. Bagaimana posisi kedua lengan kamu setelah
passing dada, pantul dan dari atas
kepala ?
2. Bagaimana posisi badan yang benar setelah
melakukan passing dada, pantul dari atas kepala ?
|
||||
JUMLAH
|
||||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 100
|
11. Sumber Belajar
- Ruang terbuka yang datar dan aman
- Bola
- Buku teks
- Buku referensi, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas IX,
- Lembar Kerja Proses Belajar, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Mengetahui Guru
Kepala Sekolah Mata
Pelajaran
(………………………………) (………………………………)
NIP. NIP.
Wowwww...;)
BalasHapusKeren Banget !!! Makasih Dah... Atas Data RPP.nya BRotehr's (y)
BalasHapuskeren
BalasHapus