RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
1.Identitas Sekolah
Satuan Pendidikan :
SMA
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani
Kesehatan dan Olahraga
Kelas/Semester : X / Genap
Pokok Bahasan : Kesehatan
Sub Pokok
Bahasan : Budaya Hidup Sehat
Alokasi waktu : 2 x 45 menit
Pertemuan :
1 (satu)
2.Standar Kompetensi
Menerapkan budaya hidup sehat
3.Kompetensi
Dasar
1.
Melakukan identifikasi berbagai bahaya kebakaran
2.
Melakukan cara menghindari bahaya kebakaran
4.Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Melakukan
identifikasi berbagai bahaya kebakaran
dengan benar
2.
Melakukan cara-cara menghindari bahaya kebakaran
dengan benar
5.Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa
dapat melakukan identifikasi berbagai
bahaya kebakaran dengan benar
2.
Siswa dapat melakukan cara-cara menghindari bahaya
kebakaran dengan benar
6. Materi Pembelajaran
Kesehatan
·
Identifikasi berbagai bahaya kebakaran
·
Cara-cara menghindari bahaya kebakaran dengan benar
7.
Alokasi Waktu Materi
No.
|
Materi
|
Waktu
|
1
|
Identifikasi berbagai
bahaya kebakaran
|
25 menit
|
2
|
Cara-cara
menghindari bahaya kebakaran dengan benar
|
25 menit
|
8.
Metode Pembelajaran
No.
|
Materi
|
Metode
|
1
|
Identifikasi berbagai bahaya kebakaran
|
Demonstrasi
dan penugasan
|
2
|
Cara-cara menghindari bahaya kebakaran dengan
benar
|
Demonstrasi
dan penugasan
|
9. Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 Menit)
·
Preparasi/persiapan
§ Siswa
di bariskan
§ Mengabsen
siswa
§ Pemanasan
dan berdoa
·
Apresiasi tidak ada
·
Motivasi
Menjelaskan
manfaat dari permainan tenis meja
Inti Pembelajaran (70
Menit)
a. Eksplorasi
(10 Menit)
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
·
Melakukan identifikasi berbagai bahaya kebakaran dan cara menghindari
bahaya kebakaran, dengan rincian kegiatan sebagai berikut :
·
Melakukan identifikasi berbagai bahaya kebakaran, dilakukan di luar jam
belajar ( berpasangan
/ kelompok )
·
Melakukan cara menghindari bahaya kebakaran, dilakukan di luar jam
pelajaran ( berpasangan / kelompok )
b.
Elaborasi (50 Menit)
1.
Siswa
dapat melakukan identifikasi berbagai
bahaya kebakaran dengan benar
2.
Siswa dapat melakukan cara-cara menghindari bahaya
kebakaran dengan benar
c.
Konfirmasi (10 Menit)
· Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari seluruh
proses pembelajaran yang telah selesai
· Guru membuat penilaian terhadap keberhasilan proses
pembelajaran secara transparan
· Guru dan peserta didik melakukan refleksi apa yang telah
dicapai dan belum dicapai sesuai dengan tujuan yang ditetapkan
Penutup Pembelajaran (10 Menit)
·
Motivasi
Memberikan Pujian kepada siswa
yang sudah memahami materi dan dorongan kepada siswa yang belum memahami materi
·
Preparasi
§ Memberikan
kesempatan untuk bertanya
§ Memberi
rangkuman
§ Memberi
penjelasan singkat tentang materi
§ Siswa
melakukan pendinginan
§ Berdoa
10. Penilaian Pembelajaran
Penilaian dilaksanakan selama proses dan
sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Aspek Psikomotor
· Melakukanidentifikasi peyebab
kebakaran (merokok, zat yang mudah terbakar, nyala api terbuka)
Aspek
Kognitif
· Mengetahui peyebab kebakaran
Aspek Afektif
· Dapat bekerjasama dengan teman
dalam kelompok, kedisiplinan, dan kebersihan
Aspek Psikomotor
· Identifikasi cara pencegahan
bahaya kebakaran
Aspek
Kognitif
· Mengetahui cara menghindari
bahaya kebakaran
Aspek Afektif
· Dapat bekerjasama dengan teman
dalam kelompok, kedisiplinan dan kebersihan
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukanidentifikasi peyebab kebakaran (merokok, zat yang mudah terbakar,
nyala api terbuka)
Lembar soal terlampir
Sebutkan peyebab kebakaran !.
Kerjasama, kekompakan dan kedisiplinan !.
Lakukanidentifikasi cara pencegahan bahaya kebakaran
· Sebutkan cara menghindari
bahaya kebakaran !
Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok, kedisiplinan dan
kebersihan
|
Teknik
penilaian:
- Tes unjuk kerja (psikomotor):
Lakukan identifikasi berbagai bahaya kebakaran dan
cara-cara menghindari bahaya kebakaran
Keterangan:
Berikan penilaian
terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1
sampai dengan 4
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = ----------------------------------------- X
50
Jumlah skor maksimal
- Pengamatan sikap (afeksi):
Melakukan identifikasi berbagai bahaya kebakaran dan
cara-cara menghindari bahaya kebakaran untuk menanamkan nilai kehati-hatian,
peka terhadap lingkungan, kerjasama
Keterangan:
Berikan tanda cek
( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau
menampilkan perilaku yang diharapkan.
Tiap perilaku yang di cek ( √ ) memdapat nilai 1
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = ----------------------------------------- X
30
Jumlah skor maksimal
-
Kuis/embedded test (kognisi):
Jawab
secara lisan atau peragakan dengan baik, pertanyaan-pertanyaan mengenai identifikasi berbagai bahaya kebakaran dan
cara-cara menghindari bahaya kebakaran
Keterangan:
Berikan penilaian
terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai
dengan 4
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = ----------------------------------------- X
20
Jumlah
skor maksimal
Nilai
akhir yang diperoleh siswa =
Nilai tes
unjuk kerja + nilai observasi + nilai kuis
|
2. Rubrik Penilaian
RUBRIK
PENILAIAN
UNJUK KERJA IDENTIFIKASI DAN CARA MENGHINDARI KEBAKARAN
Aspek Yang
Dinilai
|
Kualitas Unjuk Kerja
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Identifikasi kebakaran
1.Terdapat benda/zat yang
mudah terbakar
2. Instalasi listrik sudah
usang/pemasangan kabel tidak tepat
3. Adanya
pembakaran sampah yang sembarang
4.Masih terdapat rumah penduduk yang
berdinding bilik/gedeg
|
|
|
|
|
Cara menghindari kebakaran
5. Menghindari menyimpan benda/zat yang mudah
terbakar
6. Tidak melakukan pembakaran sampah sembarang
7. Tidak melakukan pemasangan listrik tanpa izin
PLN
|
||||
JUMLAH
|
|
|||
JUMLAH SKOR
MAKSIMAL: 100
|
|
RUBRIK PENILAIAN
PERILAKU DALAM KEGIATAN IDENTIFIKASI
DAN CARA MENGHINDARI KEBAKARAN
PERILAKU YANG DIHARAPKAN
|
CEK (√ )
|
1. Kerjasama (saling membantu )
|
|
2. Kehati-hatian (teliti dalam melakukan pengamatan)
|
|
3. Peka terhadap lingkungan
(peduli dengan kondisi lingkungan)
|
|
JUMLAH
|
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 100
|
|
|
|
|
|
RUBRIK PENILAIAN
PEMAHAMAN KONSEP DALAM RANGKAIAN
Pertanyaan yang diajukan
|
Kualitas Jawaban
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1. Bagaimana identifikasi kamu terhadap POM bensin
dengan bahaya kebakaran ?
|
|
|
|
|
2. Bagaimana upaya untuk mencegah kebakaran di rumah
kamu ?
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
|||
JUMLAH SKOR
MAKSIMAL: 100
|
|
11. Sumber Belajar
·
ATK
·
Ruang
terbuka
·
Buku
teks
·
Buku
referensi, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas X,
·
Lembar Kerja Proses Belajar, Roji, Pendidikan Jasmani,
Olahraga dan Kesehatan
Mengetahui Guru
Kepala Sekolah Mata
Pelajaran
(………………………………) (………………………………)
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar