RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
1.Identitas Sekolah
Satuan Pendidikan :
SMA
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani
Kesehatan dan Olahraga
Kelas/Semester : X / Genap
Pokok Bahasan : Tenis Meja
Sub Pokok
Bahasan : Servis Forehand dan
Backhand
Alokasi waktu : 2 x 45 menit
Pertemuan :
1 (satu)
2.Standar Kompetensi
Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan
dan olahraga, dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya
3.Kompetensi
Dasar
Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan
olahraga beregu bola kecil lanjutan dengan tepat dan lancar serta nilai kerjasama, toleransi, percaya
diri, keberanian, menghargai lawan, berbagi tempat dan peralatan
4.Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar
memegang bet untuk servis, pukulan backhand dengan benar
2.
Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar
memegang bet untuk servis, pukulan forehand
dan dengan benar
3.
Bermain
tenis meja dengan baik menggunakan peraturan yang dimodifikasi
5.Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa
dapat melakukan variasi dan
kombinasi teknik dasar memegang bet
untuk servis, pukulan forehand dengan benar
2.
Siswa
dapat melakukan variasi dan
kombinasi teknik dasar memegang bet
untuk servis, pukulan backhand dengan benar
3.
Siswa
dapat bermain tenis meja dengan baik menggunakan peraturan yang dimodifikasi
6. Materi Pembelajaran
Permainan Tenis
Meja
1.
Teknik dasar memegang bet untuk servis, pukulan
forehand dengan benar
2.
Teknik dasar memegang bet untuk servis, pukulan backhand
dengan benar
3.
Bermain
tenis meja dengan baik menggunakan peraturan yang dimodifikasi
7.
Alokasi Waktu Materi
No.
|
Materi
|
Waktu
|
1
|
Teknik dasar forehand
|
15 menit
|
2
|
Teknik dasar backhand
|
15 menit
|
3
|
Bermain tenis meja dengan dimodifikasi
|
20 menit
|
8.
Metode Pembelajaran
No.
|
Materi
|
Metode
|
1
|
Teknik dasar forehand
|
Demonstrasi
dan penugasan
|
2
|
Teknik dasar backhand
|
Demonstrasi
dan penugasan
|
3
|
Bermain tenis meja dengan dimodifikasi
|
Latihan
dan penugasan
|
|
9. Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 Menit)
·
Preparasi/persiapan
§ Siswa
di bariskan
§ Mengabsen
siswa
§ Pemanasan
dan berdoa
·
Apresiasi tidak ada
·
Motivasi
Menjelaskan
manfaat dari permainan tenis meja
Inti Pembelajaran (70
Menit)
a. Eksplorasi
(10 Menit)
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
1.
Mempraktekkan
teknik dasar memegang bet untuk servis,
pukulan forehand dengan benar
2.
Mempraktekkan
teknik dasar memegang bet untuk servis,
pukulan backhand dengan benar
3.
Menjelaskan
cara bermain tenis meja dengan baik menggunakan peraturan yang dimodifikasi
b.
Elaborasi (50 Menit)
1.
Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar
memegang bet untuk servis, pukulan backhand dengan benar
2.
Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar
memegang bet untuk servis, pukulan forehand
dan dengan benar
3.
Bermain
tenis meja dengan baik menggunakan peraturan yang dimodifikasi
Gambar
: Bermain dengan peraturan modifikasi
c.
Konfirmasi (10 Menit)
· Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari seluruh
proses pembelajaran yang telah selesai
· Guru membuat penilaian terhadap keberhasilan proses
pembelajaran secara transparan
· Guru dan peserta didik melakukan refleksi apa yang telah
dicapai dan belum dicapai sesuai dengan tujuan yang ditetapkan
Penutup Pembelajaran (10 Menit)
·
Motivasi
Memberikan Pujian kepada siswa
yang sudah memahami materi dan dorongan kepada siswa yang belum memahami materi
·
Preparasi
§ Memberikan
kesempatan untuk bertanya
§ Memberi
rangkuman
§ Memberi
penjelasan singkat tentang materi
§ Siswa
melakukan pendinginan
§ Berdoa
10. Penilaian Pembelajaran
Penilaian dilaksanakan selama proses dan
sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Aspek Psikomotor
Aspek Kognitif
Aspek Afektif
· Dapat bekerjasama dengan teman dalam
kelompok dan berbagi tempat serta
peralatan dengan teman
|
Tes
praktik
(Kinerja)
Tes
tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Tes tertulis/lisan
Lembar observasi
|
Lakukan variasi dan Kombinasi teknik dasar memegang bat untuk melakukan
servis dan pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang ba-ik
Sebutkan bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar pukulan forehand dan
backhand !.
Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, dan menghargai lawan !.
|
1. Teknik penilaian:
- Tes unjuk kerja (psikomotor):
Lakukan
teknik dasar memegang bet forehand dan backhand untuk melakukan pukulan dan
servis
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan
rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
Jumlah skor yang
diperoleh
Nilai =
----------------------------------------- X 100
Jumlah skor maksimal
- Pengamatan sikap (afeksi):
Mainkan permainan tenis meja dengan peraturan yang telah dimodifikasi. Taati aturan permainan, kerjasama dengan
teman satu tim dan tunjukkan perilaku sportif.
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah
disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang
diharapkan. Tiap perilaku yang di cek (
√ ) memdapat nilai 1
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai
=
----------------------------------------- X 100
Jumlah
skor maksimal
-
Kuis/embedded test (kognisi):
Jawab secara lisan atau peragakan dengan baik,
pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak dalam permainan
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang
nilai antara 1 sampai dengan 4
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai =
----------------------------------------- X 100
Jumlah skor maksimal
- Nilai akhir yang diperoleh siswa =
Nilai tes
unjuk kerja + nilai observasi + nilai kuis
|
Rubrik
Penilaian
RUBRIK
PENILAIAN
UNJUK
KERJA TEKNIK DASAR PERMAINAN TENIS MEJA
Aspek Yang Dinilai
|
Kualitas Gerak
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Variasi dan Kombinasi Pukulan/Servis
Forehand secara Konsisten
1
Posisi awal tangan memegang bet seperti berjabatan tangan dan posisi awal kaki dibuka
selebar bahu (melangkah)
2
Gerakan lengan melakukan pukulan forehand/servis mengayun bet kearah
bola dan posisi lengan menghadap arah gerakan
3
Posisi awal tangan memegang bet seperti
berjabatan tangan dan posisi
awal kaki dibuka selebar bahu (melangkah)
4
Gerakan lengan melakukan pukulan forehand/servis mengayun bet kearah
bola dan posisi lengan membelakangi arah gerakan
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
|||
JUMLAH SKOR
MAKSIMAL: 100
|
|
RUBRIK PENILAIAN
PERILAKU DALAM PERMAINAN TENIS MEJA
PERILAKU YANG DIHARAPKAN
|
CEK (√ )
|
1.
Bekerja sama dengan teman
|
|
2.
Mentaati peraturan
|
|
3.
Menghormati wasit
|
|
4.
Menunjukkan sikap bersungguh-sungguh dalam bermain
|
|
JUMLAH
|
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 4
|
|
RUBRIK PENILAIAN
PEMAHAMAN
KONSEP GERAK DALAM PERMAINAN TENIIS MEJA
Pertanyaan yang diajukan
|
Kualitas Jawaban
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1.
Bagaimana posisi awal kaki saat kamu melakukan pukulan/servis forehand
dan backhand ?
2.
Bagaimana posisi tangan yang benar pada saat melakukan pukulan/servis
forehand?
3.
Bagaimana posisi tangan yang benar pada saat melakukan pukulan/servis
backhand ?
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
|||
JUMLAH SKOR
MAKSIMAL: 12
|
|
11. Sumber Belajar
- Ruang terbuka yang datar dan aman
- Bola, Net, Tiang, Bet,
- Buku teks
- Buku referensi, , Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas X,
- Lembar Kerja Proses Belajar, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Mengetahui Guru
Kepala Sekolah Mata
Pelajaran
(………………………………) (………………………………)
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar