RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
1.Identitas Sekolah
Satuan Pendidikan             :
SMA
Mata Pelajaran                    : Pendidikan Jasmani
Kesehatan dan Olahraga
Kelas/Semester                   : X / Genap
Pokok Bahasan                   : Tenis Meja
Sub Pokok
Bahasan           : Servis Forehand dan
Backhand
Alokasi waktu                    : 2 x 45 menit
 Pertemuan                         :
1 (satu)
2.Standar Kompetensi          
Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan
dan  olahraga, dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya
3.Kompetensi
Dasar
Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan
olahraga beregu bola kecil lanjutan dengan tepat dan lancar  serta nilai kerjasama, toleransi, percaya
diri, keberanian, menghargai lawan, berbagi tempat dan peralatan
4.Indikator Pencapaian Kompetensi
1.  
Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar
memegang bet untuk servis, pukulan backhand dengan benar
2.  
Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar
memegang bet untuk servis, pukulan forehand 
dan dengan benar
3.  
Bermain
tenis meja dengan baik menggunakan peraturan yang dimodifikasi
5.Tujuan Pembelajaran
1.  
Siswa
dapat melakukan variasi dan
kombinasi teknik dasar memegang bet
untuk servis, pukulan forehand dengan benar
2.  
Siswa
dapat melakukan variasi dan
kombinasi teknik dasar memegang bet
untuk servis, pukulan backhand dengan benar
3.  
Siswa
dapat bermain tenis meja dengan baik menggunakan peraturan yang dimodifikasi
6. Materi Pembelajaran
Permainan Tenis
Meja
1.  
Teknik dasar memegang bet untuk servis, pukulan
forehand dengan benar
2.  
Teknik dasar memegang bet untuk servis, pukulan backhand
dengan benar
3.  
Bermain
tenis meja dengan baik menggunakan peraturan yang dimodifikasi
7.
Alokasi Waktu Materi
| 
No. | 
Materi | 
Waktu | 
| 
1 | 
Teknik dasar forehand | 
15 menit | 
| 
2 | 
Teknik dasar backhand | 
15 menit | 
| 
3 | 
Bermain tenis meja dengan dimodifikasi | 
20 menit | 
8.
Metode Pembelajaran
| 
No. | 
Materi | 
Metode | 
| 
1 | 
Teknik dasar forehand | 
Demonstrasi
  dan penugasan | 
| 
2 | 
Teknik dasar backhand | 
Demonstrasi
  dan penugasan | 
| 
3 | 
Bermain tenis meja dengan dimodifikasi | 
Latihan
  dan penugasan | 
|  | ||
9. Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 Menit)
·        
Preparasi/persiapan
§  Siswa
di bariskan
§  Mengabsen
siswa
§  Pemanasan
dan berdoa
·        
Apresiasi tidak ada
·        
Motivasi 
Menjelaskan
manfaat dari permainan tenis meja
Inti Pembelajaran (70
Menit)
a.    Eksplorasi
(10 Menit)
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
1.     
Mempraktekkan
teknik dasar memegang bet untuk servis,
pukulan forehand dengan benar
2.     
Mempraktekkan
teknik dasar memegang bet untuk servis,
pukulan backhand dengan benar
3.     
Menjelaskan
cara bermain tenis meja dengan baik menggunakan peraturan yang dimodifikasi
b.  
Elaborasi (50 Menit)
1.     
Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar
memegang bet untuk servis, pukulan backhand dengan benar
2.     
Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar
memegang bet untuk servis, pukulan forehand 
dan dengan benar
3.     
Bermain
tenis meja dengan baik menggunakan peraturan yang dimodifikasi
                                    Gambar
:  Bermain dengan peraturan modifikasi
c.   
Konfirmasi (10 Menit) 
·      Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari seluruh
proses pembelajaran yang telah selesai
·      Guru membuat penilaian terhadap keberhasilan proses
pembelajaran secara transparan
·      Guru dan peserta didik melakukan refleksi apa yang telah
dicapai dan belum dicapai sesuai dengan tujuan yang ditetapkan
Penutup Pembelajaran (10 Menit)
·        
Motivasi 
Memberikan Pujian kepada siswa
yang sudah memahami materi dan dorongan kepada siswa yang belum memahami materi
·        
Preparasi 
§  Memberikan
kesempatan untuk bertanya
§  Memberi
rangkuman
§  Memberi
penjelasan singkat tentang materi
§  Siswa
melakukan pendinginan
§  Berdoa
10. Penilaian Pembelajaran
Penilaian dilaksanakan selama proses dan
sesudah pembelajaran     
| 
Indikator Pencapaian Kompetensi | 
Penilaian | ||
| 
Teknik | 
Bentuk 
 Instrumen | 
Contoh 
Instrumen | |
| 
Aspek  Psikomotor 
 
 Aspek  Kognitif 
 
Aspek Afektif  
·   Dapat bekerjasama dengan teman dalam
  kelompok dan  berbagi tempat serta
  peralatan dengan teman  | 
Tes 
praktik 
(Kinerja) 
Tes 
tertulis 
Tes 
observasi | 
Tes Contoh Kinerja 
Tes tertulis/lisan 
Lembar observasi | 
Lakukan variasi dan Kombinasi teknik dasar memegang bat untuk melakukan
  servis dan pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang ba-ik 
Sebutkan bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar pukulan forehand dan
  backhand  !. 
Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, dan menghargai lawan !. | 
      1.   Teknik penilaian: 
- Tes unjuk kerja (psikomotor):  
                              Lakukan
teknik dasar memegang bet forehand dan backhand untuk melakukan pukulan dan
servis 
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan
rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
               Jumlah skor yang
diperoleh
Nilai = 
----------------------------------------- X 100
               Jumlah skor maksimal
- Pengamatan sikap (afeksi):  
Mainkan permainan tenis meja dengan peraturan yang telah dimodifikasi.  Taati aturan permainan, kerjasama dengan
teman satu tim dan tunjukkan perilaku sportif.
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah
disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang
diharapkan.  Tiap perilaku yang di cek (
√ ) memdapat nilai 1
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai 
= 
----------------------------------------- X 100
                                                Jumlah
skor maksimal            
- 
Kuis/embedded test (kognisi):
Jawab secara lisan atau peragakan dengan baik,
pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak dalam permainan 
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang
nilai antara 1 sampai dengan 4
                                  Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = 
----------------------------------------- X 100
                                                Jumlah skor maksimal
- Nilai akhir yang diperoleh siswa =
| 
Nilai tes
    unjuk kerja + nilai observasi + nilai kuis | 
Rubrik
Penilaian
                                                              RUBRIK
PENILAIAN 
                           UNJUK
KERJA TEKNIK DASAR PERMAINAN TENIS MEJA
| 
Aspek Yang Dinilai | 
Kualitas Gerak | |||
| 
1 | 
2 | 
3 | 
4 | |
| 
Variasi dan Kombinasi Pukulan/Servis
  Forehand secara Konsisten 
1       
  Posisi awal tangan memegang bet seperti berjabatan          tangan dan posisi awal kaki dibuka
  selebar bahu (melangkah) 
2       
  Gerakan lengan melakukan pukulan forehand/servis mengayun bet kearah
  bola dan posisi lengan menghadap arah gerakan 
3       
  Posisi awal tangan memegang bet seperti
  berjabatan            tangan dan posisi
  awal kaki dibuka selebar bahu (melangkah) 
4       
  Gerakan lengan melakukan pukulan forehand/servis mengayun bet kearah
  bola dan posisi lengan membelakangi arah gerakan |  |  |  |  | 
| 
JUMLAH |  | |||
| 
JUMLAH SKOR
  MAKSIMAL: 100 |  | |||
                                                               RUBRIK PENILAIAN
                                        PERILAKU DALAM PERMAINAN TENIS MEJA
| 
PERILAKU YANG DIHARAPKAN | 
CEK (√ ) | 
| 
1. 
  Bekerja sama dengan teman  |  | 
| 
2. 
  Mentaati peraturan |  | 
| 
3. 
  Menghormati wasit |  | 
| 
4. 
  Menunjukkan sikap bersungguh-sungguh dalam bermain |  | 
| 
JUMLAH |  | 
| 
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 4 |  | 
                                                                 RUBRIK PENILAIAN 
                PEMAHAMAN
KONSEP GERAK DALAM PERMAINAN TENIIS MEJA
| 
Pertanyaan yang diajukan | 
Kualitas Jawaban | |||
| 
1 | 
2 | 
3 | 
4 | |
| 
1. 
  Bagaimana posisi awal kaki saat kamu melakukan pukulan/servis forehand
  dan backhand ? 
2. 
  Bagaimana posisi tangan yang benar pada saat melakukan pukulan/servis
  forehand? 
3. 
  Bagaimana posisi tangan yang benar pada saat melakukan pukulan/servis
  backhand ? |  |  |  |  | 
| 
JUMLAH |  | |||
| 
JUMLAH SKOR
  MAKSIMAL: 12 |  | |||
11. Sumber Belajar
- Ruang terbuka yang datar dan aman
- Bola, Net, Tiang, Bet,
- Buku teks
- Buku referensi, , Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas X,
- Lembar Kerja Proses Belajar, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Mengetahui                                                                 Guru
Kepala Sekolah                                                           Mata
Pelajaran
(………………………………)                                  (………………………………)
NIP.                                                                            NIP.    
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar