RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
1.Identitas Sekolah
Satuan Pendidikan :
SMA
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani
Kesehatan dan Olahraga
Kelas/Semester : X / Genap
Pokok Bahasan : Pendidikan Luar Sekolah
Sub Pokok
Bahasan : Perkemahan dan P3K
Alokasi waktu : 2 x 45 menit
Pertemuan :
1 (satu)
2.Standar
Kompetensi
Mempraktikan Perkemahan dan
dasar-dasar penyelamatan di lingkungan sekolah, dan nilai-nilai yang terkandung
didalamnya
3.Kompetensi
Dasar
Mempraktikan
pemilihan tempat yang tepat untuk mendirikan tenda perkemahan, memppraktikan
teknik dasar pemasangan tenda untuk perkemahan di lingkungan sekolah secara
beregu, serta nilai kerjasama, tanggung jawab dan tenggang rasa
4.Indikator
Pencapaian Kompetensi
a. Melakukan pemilihan dan identifikasi tempat
yang tepat dan aman untuk mendirikan tenda perkemahan dengan benar
b. Melakukan teknik dasar pemasangan tenda
untuk perkemahan di lingkungan sekolahan dengan benar
5.Tujuan
Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan pemilihan dan
identifikasi tempat yang tepat dan aman untuk mendirikan tenda perkemahan dengan benar
b. Siswa dapat melakukan teknik dasar
pemasangan tenda untuk perkemahan di lingkungan sekolahan dengan benar
6. Materi Pembelajaran
Pendidikan di luar kelas
1. Pemilihan dan identifikasi tempat yang tepat
dan aman untuk mendirikan tenda perkemahan
2. Teknik dasar pemasangan tenda untuk
perkemahan di lingkungan sekolahan
3. Penyelamatan dan
P3K terhadap kram/kejang
otot kaki
7.
Alokasi Waktu Materi
No.
|
Materi
|
Waktu
|
1
|
Pemilihan
dan identifikasi tempat
|
15 menit
|
2
|
Pemasangan tenda
|
15 menit
|
3
|
Penyelamatan
dan P3K
|
20 menit
|
8.
Metode Pembelajaran
No.
|
Materi
|
Metode
|
1
|
Pemilihan
dan identifikasi tempat
|
Demonstrasi
dan penugasan
|
2
|
Pemasangan tenda
|
Demonstrasi
dan penugasan
|
3
|
Penyelamatan
dan P3K
|
Demonstrasi
dan penugasan
|
9. Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 Menit)
·
Preparasi/persiapan
§ Siswa
di bariskan
§ Mengabsen
siswa
§ Pemanasan
dan berdoa
·
Apresiasi tidak ada
·
Motivasi
Menjelaskan
manfaat dari Perkemahan
Inti Pembelajaran (70
Menit)
a. Eksplorasi
(10 Menit)
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
1.
Melakukan pemilihan dan identifikasi
tempat yang tepat dan aman untuk mendirikan tenda perkemahan untuk menanamkan
nilai kerjasama, tanggung jawab dan tenggang rasa
2. Melakukan teknik dasar pemasangan
tenda untuk perkemahan di lingkungan sekolahan untuk menanamkan nilai
kerjasama, tanggung jawab dan tenggang rasa
3. Melakukan penyelamatan dan P3K
terhadap jenis luka ringan untuk menanamkan nilai kerjasama,
tanggung jawab dan tenggang rasa
b.
Elaborasi (50 Menit)
1. Melakukan pemilihan dan identifikasi tempat yang tepat
dan aman untuk mendirikan tenda perkemahan untuk menanamkan nilai kerjasama,
tanggung jawab dan tenggang rasa
2. Melakukan teknik dasar pemasangan
tenda untuk perkemahan di lingkungan sekolahan untuk menanamkan nilai
kerjasama, tanggung jawab dan tenggang rasa
3.
Melakukan
penyelamatan dan P3K terhadap jenis luka ringan untuk menanamkan nilai
kerjasama, tanggung jawab dan tenggang rasa
Gambar : Pemilihan dan identifikasi Gambar : Penyelamatan dan P3K
serta
pemasangan tenda
c.
Konfirmasi (10 Menit)
· Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari seluruh
proses pembelajaran yang telah selesai
· Guru membuat penilaian terhadap keberhasilan proses
pembelajaran secara transparan
· Guru dan peserta didik melakukan refleksi apa yang telah
dicapai dan belum dicapai sesuai dengan tujuan yang ditetapkan
Penutup Pembelajaran (10 Menit)
·
Motivasi
Memberikan Pujian kepada siswa
yang sudah memahami materi dan dorongan kepada siswa yang belum memahami materi
·
Preparasi
§ Memberikan
kesempatan untuk bertanya
§ Memberi
rangkuman
§ Memberi
penjelasan singkat tentang materi
§ Siswa
melakukan pendinginan
§ Berdoa
10. Penilaian Pembelajaran
Penilaian dilaksanakan selama proses dan
sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Aspek Psikomotor
·
Melakukan identifikasi tempat yang tepat untuk mendirikan tenda
perkemahan
·
Melakukan pertolongan (P3K) terhadap luka lecet, iris, memar dan tusuk
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk identifikasi tempat yang tepat untuk mendirikan tenda
perkemahan dan pertolongan (P3K) terhadap luka lecet, iris, memar dan tusuk
Aspek Afektif
·
Kerjasama, tanggungjawab dan tenggang rasa
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
· Lakukan identifikasi lapangan atau tempat mendirikan tenda untuk perkemahan !
· Lakukan pertolongan (P3K)
terhadap luka lecet, iris, memar dan tusuk !
Salah satu
bentuk identifikasi yang tepat untuk tempat mendirikan tenda adalah
Kerjasama, tanggungjawab dan tenggang rasa
|
1. Teknik penilaian:
- Tes unjuk kerja (psikomotor):
Lakukan pemilihan dan identifikasi tempat
yang tepat dan aman untuk mendirikan tenda perkemahan, teknik dasar pemasangan
tenda untuk perkemahan di lingkungan sekolahan dan penyelamatan dan P3K terhadap jenis luka ringan
Keterangan:
Berikan penilaian
terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1
sampai dengan 4
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = ----------------------------------------- X
100
Jumlah skor maksimal
- Pengamatan sikap (afeksi):
Melakukan pemilihan dan
identifikasi tempat yang tepat dan aman untuk mendirikan tenda perkemahan,
teknik dasar pemasangan tenda untuk perkemahan di lingkungan sekolahan dan penyelamatan dan P3K terhadap jenis luka
ringan dengan penanaman nilai kerjasama, tanggung jawab dan tenggang rasa
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta
ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan. Tiap perilaku yang di cek ( √ ) memdapat
nilai 1
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = ----------------------------------------- X
100
Jumlah skor maksimal
-
Kuis/embedded test (kognisi):
Jawab secara
lisan atau peragakan dengan baik, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep pemilihan dan identifikasi tempat yang
tepat dan aman untuk mendirikan tenda perkemahan, teknik dasar pemasangan tenda
untuk perkemahan di lingkungan sekolahan dan penyelamatan dan P3K terhadap kram/kejang otot kaki
Keterangan:
Berikan penilaian
terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai
dengan 4
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = ----------------------------------------- X
100
Jumlah
skor maksimal
- Nilai akhir yang diperoleh siswa =
Nilai tes
unjuk kerja + nilai observasi + nilai kuis
|
- Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA TEKNIK DASAR MELAKUKAN PENDIDIKAN LUAR
KELAS
Aspek Yang Dinilai
|
Kualitas
Gerak
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Pemilihan dan identifikasi tempat yang tepat dan
aman untuk perkemahan
1
Tempat
tidak banjir/becek
2
Tempat tidak ditepi jurang/jalan raya yang ramai
3
Tempat tidak terdapat binatang buas/binatang/tumbuhan
yang dapat membahayakan peserta/di
bawah tegangan tinggi
Tempat tidak terdapat pohon/ranting yang tumbang/jatuh
|
|
|
|
|
Pertolongan (P3K) terhadap Kejang Otot
Kaki
4
Posisi
korban didudukkan dengan kaki yang mengalami kram/kejang diluruskan
5
Kaki
yang mengalami kram/kejang dipegang dengan lututnya diluruskan
6
Telapak
kaki yang mengalami kram/kejang didorong ke arah badan
|
||||
JUMLAH
|
|
|||
JUMLAH SKOR
MAKSIMAL: 100
|
|
RUBRIK PENILAIAN
PERILAKU DALAM PENDIDIKAN LUAR KELAS
PERILAKU
YANG DIHARAPKAN
|
CEK (√
)
|
1. Kerjasama (saling membantu )
|
|
2. Tenggang rasa (melakukan pertolongan pada teman
yang mengalami cidera)
|
|
3. Tanggung jawab(sungguh-sungguh melakukan tugas )
|
|
Jumlah
|
|
Jumlah skor maksimal 100
|
|
RUBRIK PENILAIAN
PEMAHAMAN KONSEP PENDIDIKAN LUAR KELAS
Pertanyaan
yang diajukan
|
Kualitas
Jawaban
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1
Sebutkan
3 macam identifikasi untuk mendirikan tenda perkemahan !
………………………………………………………………..
|
|
|
|
|
2
Sebutkan 3 macam cara melaklukan P3K kejang otot
kaki !
………………………………………………………………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
|||
JUMLAH SKOR
MAKSIMAL: 100
|
|
11. Sumber Belajar
·
ATK
·
Ruang terbuka dan
peralatan perkemahan
·
Buku teks
·
Buku referensi, ,
Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas X,
·
Lembar
Kerja Proses Belajar, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Mengetahui Guru
Kepala Sekolah Mata
Pelajaran
(………………………………) (………………………………)
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar