RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
1.Identitas Sekolah
Satuan Pendidikan :
SMA
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani
Kesehatan dan Olahraga
Kelas/Semester : X / Genap
Pokok Bahasan : Uji Diri
Sub Pokok
Bahasan : Kebugaran Jasmani
Alokasi waktu : 2 x 45 menit
Pertemuan :
1 (satu)
2.Standar Kompetensi
Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan
dan olahraga, dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya
3.Kompetensi
Dasar
3.1.Mempraktikan rangkaian senam
lantai tanpa alat serta nilai percaya diri, kerja sama, disiplin, keberanian,
dan keselamatan
4.Indikator Pencapaian Kompetensi
·
Melakukan teknik dasar
kekuatan otot berupa push-up
·
Melakukan teknik dasar
kekuatan otot berupa sit-up
·
Melakukan teknik dasar
kekuatan otot berupa back-up
·
Melakukan teknik dasar
kekuatan otot berupa squat-jump
5.Tujuan Pembelajaran
·
Siswa mampu melakukan
teknik dasar kekuatan otot berupa push-up
·
Siswa mampu melakukan
teknik dasar kekuatan otot berupa sit-up
·
Siswa mampu melakukan
teknik dasar kekuatan otot berupa back-up
·
Siswa mampu melakukan
teknik dasar kekuatan otot berupa squat-jump
6. Materi Pembelajaran
Kebugaran Jasmani (Latihan kekuatan otot)
·
Teknik dasar kekuatan
otot berupa push-up
·
Teknik dasar kekuatan
otot berupa sit-up
·
Teknik dasar kekuatan
otot berupa back-up
·
Teknik dasar kekuatan
otot berupa squat-jump
7.
Alokasi Waktu Materi
No.
|
Materi
|
Waktu
|
1
|
Teknik push-up
|
10 menit
|
2
|
Teknik sit-up
|
10 menit
|
3
|
Teknik back-up
|
15 menit
|
4
|
Teknik squat-jump
|
15 menit
|
8.
Metode Pembelajaran
No.
|
Materi
|
Metode
|
1
|
Teknik push-up
|
Demonstrasi
dan penugasan
|
2
|
Teknik sit-up
|
Demonstrasi
dan penugasan
|
3
|
Teknik back-up
|
Demonstrasi
dan penugasan
|
4
|
Teknik squat-jump
|
Demonstrasi
dan penugasan
|
9. Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 Menit)
·
Preparasi/persiapan
§ Siswa
di bariskan
§ Mengabsen
siswa
§ Pemanasan
dan berdoa
·
Apresiasi tidak ada
·
Motivasi
Menjelaskan
manfaat dari kebugaran jasmani
Inti Pembelajaran (70
Menit)
a. Eksplorasi
(10 Menit)
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
·
Mempraktekkan teknik
dasar kekuatan otot berupa push-up
·
Mempraktekkan
teknik dasar kekuatan otot berupa sit-up
·
Mempraktekkan
teknik dasar kekuatan otot berupa back-up
·
Mempraktekkan
teknik dasar kekuatan otot berupa squat-jump
b.
Elaborasi (50 Menit)
1.
Melakukan teknik dasar kekuatan otot
berupa push-up perorangan, kegiatan dilakukan ditempat
2.
Melakukan teknik dasar kekuatan otot
berupa sit-up berpasangan, kegiatan dilakukan pindah tempat
3.
Melakukan teknik dasar kekuatan otot
berupa back-up berpasangan , kegiatan
dilakukan ditempat
4.
Melakukan teknik dasar kekuatan otot
berupa squat-jump perorangan, kegiatan dilakukan pindah tempat
Gambar
: Push Up, Sit Up, Back Up, dan Squat Junp
c.
Konfirmasi (10 Menit)
· Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari seluruh
proses pembelajaran yang telah selesai
· Guru membuat penilaian terhadap keberhasilan proses
pembelajaran secara transparan
· Guru dan peserta didik melakukan refleksi apa yang telah
dicapai dan belum dicapai sesuai dengan tujuan yang ditetapkan
Penutup Pembelajaran (10 Menit)
·
Motivasi
Memberikan Pujian kepada siswa
yang sudah memahami materi dan dorongan kepada siswa yang belum memahami materi
·
Preparasi
§ Memberikan
kesempatan untuk bertanya
§ Memberi
rangkuman
§ Memberi
penjelasan singkat tentang materi
§ Siswa
melakukan pendinginan
§ Berdoa
10. Penilaian Pembelajaran
Penilaian dilaksanakan selama proses dan
sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Nilai
Pendidikan Budaya dan
Karakter
Bangsa
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||
Aspek
Psikomotor
· Melakukan
latihan push-up,sit-up,back-up,squat-jump,
Aspek
Afektif
· Berlomba
melakukan bentuk-bentuk latihan push-up,sit-up,back-up,squat-jump,squat-
dalam waktu 30 detik dengan benar
Aspek
Kognitif
· Menyebutkan
cara melakukan push-up,sit-up,back-up
· Menyebutkan
cara melakukan squat-jump,squat-thrust dan naik turun bangku
· Mengetahui
tujuan dari pada push-up,sit-up,back-up
· Mengetahui
tujuan dari pada squat-jump,squat
|
Tes Praktik (Kinerja)
Observasi
Tes Tertulis
|
Tes Contoh Kinerja
Lembar Observasi
Pilihan Ganda/
Uraian Singkat
|
· Lakukan
bentuk latihan push-up,sit-up,back-up,squat-jump
· Berlomba
melakukan bentuk-bentuk latihan push-up,sit-up,back-up,squat-jump, dalam
waktu 30 detik dengan benar
· Sebutkan
cara melakukan push-up,sit-up,back-up
· Sebutkan
cara melakukan squat-jump,squat-thrust Apa tujuan dari pada
push-up,sit-up,back-up
· Apa
tujuan dari pada squat-jump.
|
Disiplin,
Kerjasama,
Toleransi,
Percaya diri
&
Menghargai
lawan
Disiplin,
Kerjasama,
Toleransi,
Percaya diri
&
Menghargai lawan
Rasa ingin tahu
|
1. Teknik
Penilaian
a.
Tes contoh kinerja (psikomotor) :
Lakukan teknik dasar latihan kekuatan otot
push-up,sit-up,back-up,squat-jump
Keterangaan :
Berikan penilaian terhadap kualitas tes contoh kerja peserta, dengan
rentang nilai antara 1 s/d 4
Nilai = Jumlah skor yang diperoleh X 100
Jumlah skor maksimal
b.
Tes Observasi (afektif) :
Berlomba melakukan bentuk-bentuk latihan
push-up,sit-up,back-up,squat-jump, dalam waktu 30 detik dengan benar
Keterangan :
Berikan tanda cek (√) pada kolom yang sudah disediakan,setiap peserta menunjukkan atau
menampilkan perilaku yang diharapkan. Tiap perilaku yang di cek (√) mendapat
nilai 1
Nilai = Jumlah skor yang diperoleh X 100
Jumlah skor maksimal
c.
Tes tertulis (kognitif)
Jawab secara lisan,tertulis,atau
peragakan dengan baik,pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep teknik dasar
latihan kekuatan otot push-up,sit-up,back-up,squat-jump, (1.Sebutkan cara
melakukan push-up,sit-up,back-up.2.Sebutkan cara melakukan squat-jump,.3.Apa
tujuan dari pada push-up,sit-up,back-up.4.Apa tujuan dari pada squat-jump,)
Keterangan :
Berikan penilaian terhadap kualitas jawaban peserta, dengan rentang
nilai antara 1 s/d 4
Nilai = Jumlah skor yang diperoleh X 100
Jumlah skor maksimal
d.
Nilai akhir yang diperoleh peserta didik
:
Nilai tes contoh kinerja + Nilai
tes observasi + Nilai tes tertulis atau lisan
1. Rubrik
Penilaian
RUBRIK
PENILAIAN PSIKOMOTOR
TES
CONTOH KINERJA TEKNIK DASAR LATIHAN
KEKUATAN
OTOT
Aspek Yang Dinilai
|
Kualitas Gerak
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1.
Posisi tangan dan kaki saat melakukan
push-up,sit-up,back-up
2.
Posisi dada,pinggul saat melakukan
push-up
3.
Posisi tangan dan kaki saat melakukan
squat-jump,squat-thrust dan naik turun bangku
4.
Kedua siku dirapatkan kelantai saat
menurunkan badan pada pelaksanaan sit-up
|
|
|
|
|
J u m l a h
|
|
|
|
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL : 100
|
|
RUBRIK
PENILAIAN AFEKTIF
TES
OBSERVASI TEKNIK DASAR LATIHAN
KEKUATAN
OTOT
Perilaku Yang
Diharapkan
|
Cek(√)
|
1.
Disiplin
|
|
2. Kerjasama
|
|
3. Toleransi
|
|
4.
Percaya diri
|
|
5.
Jujur
|
|
J u m l a h
|
|
JUMLAH
SKOR MAKSIMAL : 100
|
|
RUBRIK
PENILAIAN KOGNITIF
TES
TERTULIS/LISAN KONSEP GERAK LATIHAN
KEKUATAN
OTOT
Pertanyaan Yang
Diajukan
|
Kualitas Jawaban
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1.
Sebutkan cara melakukan push-up,sit-up,back-up
2.
Sebutkan cara melakukan
squat-jump,squat-thrust dan naik turun bangku
3.
Apa tujuan dari pada
push-up,sit-up,back-up
4.
Apa tujuan dari pada
squat-jump,squat-thrust dan naik turun bangku
|
|
|
|
|
J u m l a h
|
|
|
|
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL : 100
|
|
11. Sumber
Belajar
·
Drs.Roji,2004, Penjas
SMP Kelas X,Erlangga,
·
Muhajir,2004,Penjas SMA
Kelas X,Erlangga
·
Stopwatch
·
Peluit
Mengetahui Guru
Kepala
Sekolah Mata
Pelajaran
(………………………………) (………………………………)
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar