RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
1.Identitas Sekolah
Satuan Pendidikan             :
SMA
Mata Pelajaran                    : Pendidikan Jasmani
Kesehatan dan Olahraga
Kelas/Semester                   : X / Genap
Pokok Bahasan                   : Bulutangkis
Sub Pokok
Bahasan           : Servis Forehand dan
Backhand
Alokasi waktu                    : 2 x 45 menit
 Pertemuan                         :
1 (satu)
2.Standar Kompetensi          
Mempraktikan berbagai teknik
dasar permainan dan  olahraga, dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
3.Kompetensi
Dasar
Mempraktikkan
variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu
bola kecil lanjutan dengan tepat dan lancar 
serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai
lawan, berbagi tempat dan peralatan
4.Indikator Pencapaian Kompetensi
1.     
Melakukan variasi teknik dasar memegang raket
untuk servis forehand secara konsisten, dengan benar
2.     
Melakukan variasi teknik dasar memegang raket
untuk servis backhand secara konsisten, dengan benar
3.     
Bermain
bulu tangkis dengan baik menggunakan peraturan yang dimodifikasi
5.Tujuan
Pembelajaran
1.     
Siswa dapat melakukan variasi teknik dasar memegang raket
untuk servis forehand secara konsisten, dengan benar
2.     
Siswa dapat melakukan variasi teknik dasar memegang raket
untuk servis backhand secara konsisten, dengan benar
3.     
Siswa
dapat bermain bulu tangkis dengan baik menggunakan peraturan yang dimodifikasi
6. Materi Pembelajaran
  
Permainan Bulu Tangkis
1.      Teknik dasar memegang raket
untuk servis, pukulan forehand
2.      Teknik dasar memegang raket
untuk servis backhand
3.      Bermain bulu tangkis dengan peraturan yang dimodifikasi
7.
Alokasi Waktu Materi
| 
No. | 
Materi | 
Waktu | 
| 
1 | 
Teknik dasar forehand | 
15 menit | 
| 
2 | 
Teknik dasar backhand | 
15 menit | 
| 
3 | 
Bermain bulu tangkis dengan dimodifikasi | 
20 menit | 
8.
Metode Pembelajaran
| 
No. | 
Materi | 
Metode | 
| 
1 | 
Teknik dasar forehand | 
Demonstrasi
  dan penugasan | 
| 
2 | 
Teknik dasar backhand | 
Demonstrasi
  dan penugasan | 
| 
3 | 
Bermain bulu tangkis dengan dimodifikasi | 
Latihan
  dan penugasan | 
|  | ||
9. Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 Menit)
·        
Preparasi/persiapan
§  Siswa
di bariskan
§  Mengabsen
siswa
§  Pemanasan
dan berdoa
·        
Apresiasi tidak ada
·        
Motivasi 
Menjelaskan
manfaat dari permainan bulutangkis
Inti Pembelajaran (70
Menit)
a.    Eksplorasi
(10 Menit)
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
1.      Mempraktekkan 
teknik dasar memegang raket untuk servis 
forehand 
2.      Mempraktekkan  teknik
dasar memegang raket untuk servis 
backhand
3.      Menjelaskan
cara bermain bulu
tangkis dengan dimodifikasi
b.   
 
 
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
 
 
 
 
Elaborasi
(50 Menit)
1.      Melakukan teknik dasar memegang raket  forehand 
2.      
 
Melakukan teknik dasar memegang
raket  backhand
3.      
 
Bermain bulu
tangkis dengan dimodifikasi
Gambar : Servis Forehand                  Gambar
: Servis Backhand          Gambar : Bermain                                                                                                            peraturan modifikasi
c.   
Konfirmasi (10 Menit) 
·      Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari seluruh
proses pembelajaran yang telah selesai
·      Guru membuat penilaian terhadap keberhasilan proses
pembelajaran secara transparan
·      Guru dan peserta didik melakukan refleksi apa yang telah
dicapai dan belum dicapai sesuai dengan tujuan yang ditetapkan
Penutup Pembelajaran (10 Menit)
·        
Motivasi 
Memberikan Pujian kepada siswa
yang sudah memahami materi dan dorongan kepada siswa yang belum memahami materi
·        
Preparasi 
§  Memberikan
kesempatan untuk bertanya
§  Memberi
rangkuman
§  Memberi
penjelasan singkat tentang materi
§  Siswa
melakukan pendinginan
§  Berdoa
10. Penilaian Pembelajaran
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran     
| 
Indikator Pencapaian Kompetensi | 
Penilaian | ||
| 
Teknik | 
Bentuk 
 Instrumen | 
Contoh 
Instrumen | |
| 
 Aspek 
  Psikomotor 
·  
  Melakukan teknik dasar memegang raket
  forehand dan backhand untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta
  backhand dengan koordinasi yang baik 
·  
  Bermain dengan peraturan yang
  dimodifikasi 
Aspek 
  Kognitif  
·    Mengetahui
  bentuk –bentuk teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk
  melakukan servis forehand serta backhand dengan koordinasi yang baik 
 Aspek Afektif 
·   Dapat
  bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan 
  berbagi tempat serta peralatan dengan teman  | 
Tes 
praktik 
(Kinerja) 
Tes 
Tertulis 
Tes 
observasi | 
Tes Contoh
  Kinerja 
Tes
  tertulis/lisan 
 Lembar observasi | 
·        
  Lakukan teknik dasar memegang raket forehand dan
  backhand untuk melakukan servis dan forehand serta backhand dengan koordinasi
  yang baik 
§
  Diskripsikan variasi dan kombinasi teknikdasar
  memegang raketforehand ! 
Lakukan bermain bulutangkis dengan
  peraturan yang dimodifikasi dan mencerminkan nilai kerjasama, toleransi,
  percaya diri, keberanian, dan menghargai lawan !. | 
1.   Teknik penilaian: 
- Tes unjuk
kerja (psikomotor):  
                              Lakukan teknik
dasar memegang raket forehand dan backhand untuk melakukan pukulan dan servis 
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas
unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
                  Jumlah
skor yang diperoleh
Nilai = 
----------------------------------------- X 100
                  Jumlah
skor maksimal
- Pengamatan
sikap (afeksi):  
Mainkan permainan bulutqangkis dengan
peraturan yang telah dimodifikasi.  Taati
aturan permainan, kerjasama dengan teman satu tim dan tunjukkan perilaku sportif.
Keterangan:
Berikan tanda
cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan
atau menampilkan perilaku yang diharapkan. 
Tiap perilaku yang di cek ( √ ) memdapat nilai 1
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai  = 
----------------------------------------- X 100
              Jumlah skor maksimal             
-  Kuis/embedded
test (kognisi):
Jawab secara
lisan atau peragakan dengan baik, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak
dalam permainan 
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas jawaban
peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
                  Jumlah
skor yang diperoleh
Nilai = 
----------------------------------------- X 100
                                                Jumlah skor maksimal
- Nilai akhir yang diperoleh siswa =
| 
Nilai tes
    unjuk kerja + nilai observasi + nilai kuis | 
- Rubrik Penilaian
       RUBRIK PENILAIAN 
UNJUK KERJA TEKNIK
DASAR PERMAINAN BULU TANGKIS
| 
Aspek Yang Dinilai | 
Kualitas Gerak | |||
| 
1 | 
2 | 
3 | 
4 | |
| 
Variasi
  dan Kombinasi Pukulan/Servis Forehand secara Konsisten 
1.      
  Posisi awal tangan memegang raket seperti berjabatan          tangan dan posisi awal kaki dibuka
  selebar bahu (melangkah) 
2.      
  Gerakan lengan melakukan pukulan forehand/servis mengayun
  raket kearah bola dan posisi lengan menghadap arah gerakan 
Variasi dan Kombinasi Pukulan/Servis Backhand  secara  
  Konsisten 
3.       
  Posisi awal tangan memegang raket seperti
  berjabatan            tangan dan posisi
  awal kaki dibuka selebar bahu (melangkah) 
4.      
  Gerakan lengan melakukan pukulan forehand/servis mengayun
  raket kearah bola dan posisi lengan membelakangi arah gerakan |  |  |  |  | 
| 
JUMLAH |  | |||
| 
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 100 |  | |||
RUBRIK PENILAIAN
PERILAKU DALAM
PERMAINAN BULU TANGKIS
| 
PERILAKU
  YANG DIHARAPKAN | 
CEK (√
  ) | 
| 
1.  Bekerja sama dengan teman  |  | 
| 
2.  Mentaati peraturan |  | 
| 
3.  Menghormati wasit |  | 
| 
4.  Menunjukkan sikap bersungguh-sungguh dalam
  bermain |  | 
| 
JUMLAH |  | 
| 
JUMLAH
  SKOR MAKSIMAL: 100 |  | 
RUBRIK PENILAIAN
PEMAHAMAN KONSEP GERAK DALAM PERMAINAN BULU TANGKIS
| 
Pertanyaan yang diajukan | 
Kualitas Jawaban | |||
| 
1 | 
2 | 
3 | 
4 | |
| 
1.  Bagaimana posisi Awal kaki saat kamu
  melakukan pukulan/servis forehand dan backhand ? 
2.  Bagaimana posisi tangan yang benar pada
  saat melakukan pukulan/servis forehand? 
3.  Bagaimana posisi tangan yang benar pada
  saat melakukan pukulan/servis backhand ? |  |  |  |  | 
| 
JUMLAH |  | |||
| 
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 100 |  | |||
11. Sumber Belajar
- Ruang terbuka yang datar dan aman
- Bola, Net, Tiang, Raket,
- Buku teks
- Buku referensi, , Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas X,
- Lembar Kerja Proses Belajar, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Mengetahui                                                                 Guru 
Kepala Sekolah                                                           Mata
Pelajaran
(………………………………)                                  (………………………………)
NIP.                                                                            NIP.    
 
MANTAP
BalasHapus