RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
1.Identitas Sekolah
Satuan Pendidikan             :
SMA
Mata Pelajaran                    : Pendidikan Jasmani
Kesehatan dan Olahraga
Kelas/Semester                   : X / Genap
Pokok Bahasan                   : Bola Voli
Sub Pokok
Bahasan           : Passing Atas Dan Bawah
Alokasi waktu                    :
2 x 45 menit
 Pertemuan                         :
1 (satu)
2.Standar Kompetensi          
Mempraktikan
berbagai teknik dasar permainan dan 
olahraga, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
3.Kompetensi
Dasar
Mempraktikan teknik dasar salah satu
permainan dan olahraga bola besar beregu serta 
nilai kerja sama, toleransi, percaya diri, memecahkan masalah,
menghargai teman keberanian
4.Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.  
Melakukan
passing atas bolavoli dengan benar
2.  
Melakukan
passing bawah bolavoli dengan benar
3.   Bermain bolabasket dengan baik menggunakan
peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk nilai kerja sama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai teman
5.Tujuan
Pembelajaran
1.  
Siswa
dapat melakukan passing atas bolavoli
dengan benar
2.  
Siswa
dapat melakukan passing bawah bolavoli
dengan benar
3.  
Siswa dapat
bermain bolabasket dengan baik menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk
memupuk nilai kerja sama, toleransi,
percaya diri, keberanian, menghargai teman
6. Materi Pembelajaran
Permainan Bolavoli
·        
Passing
atas bolavoli 
·        
Passing
bawah bolavoli
·        
Bermain
sepakbola menggunakan peraturan yang dimodifikasi
7.
Alokasi Waktu Materi
| 
No. | 
Materi | 
Waktu | 
| 
1 | 
Passing atas | 
15
  menit | 
| 
2 | 
Passing bawah | 
15
  menit | 
| 
3 | 
Bermain bola voli dengan modifikasi | 
20
  menit | 
8.
Metode Pembelajaran
| 
No. | 
Materi | 
Metode | 
| 
1 | 
Passing atas | 
Demonstrasi
  dan penugasan | 
| 
2 | 
Passing bawah | 
Demonstrasi
  dan penugasan | 
| 
3 | 
Bermain bola voli dengan modifikasi | 
Latihan
  dan penugasan | 
9. Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 Menit)
·        
Preparasi/persiapan
§  Siswa
di bariskan
§  Mengabsen
siswa
§  Pemanasan
dan berdoa
·        
Apresiasi tidak ada
·        
Motivasi 
Menjelaskan
manfaat dari permainan bola voli
Inti Pembelajaran (60
Menit)
a.    Eksplorasi
(10 Menit)
1.      Mempraktekkan
passing atas perorangan/berpasangan/kelompok dengan bola dilambungkan sendiri
dan dilanjutkan dilambungkan oleh teman, kegiatan dilakukan ditempat
2.      Mempraktekkan
passing bawah perorangan/berpasangan/kelompok dengan bola dilambungkan sendiri
dan           dilanjutkan dilambungkan
oleh teman, kegiatan dilakukan ditempat       
3.      Menjelaskan
cara bermain
bolavoli dengan peraturan yang dimodifikasi dengan menggunakan teknik dasar passing atas dan
bawah
b.   Elaborasi
(50 Menit)
1.      Melakukan
passing atas perorangan/berpasangan/kelompok dengan bola dilambungkan sendiri
dan dilanjutkan dilambungkan oleh teman, kegiatan dilakukan ditempat
2.      Melakukan
passing bawah perorangan/berpasangan/kelompok dengan bola dilambungkan sendiri
dan      dilanjutkan dilambungkan oleh
teman, kegiatan dilakukan ditempat       
3.      Bermain
bolavoli dengan peraturan yang dimodifikasi dengan menggunakan teknik dasar passing atas dan
bawah
Gambar : bermain bola
voli dengan peraturan modifikasi
c.   
Konfirmasi (10 Menit) 
·      Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari seluruh
proses pembelajaran yang telah selesai
·      Guru membuat penilaian terhadap keberhasilan proses
pembelajaran secara transparan
·      Guru dan peserta didik melakukan refleksi apa yang telah
dicapai dan belum dicapai sesuai dengan tujuan yang ditetapkan
Penutup Pembelajaran (10 Menit)
·        
Motivasi 
Memberikan Pujian kepada siswa
yang sudah memahami materi dan dorongan kepada siswa yang belum memahami materi
·        
Preparasi 
§  Memberikan
kesempatan untuk bertanya
§  Memberi
rangkuman
§  Memberi
penjelasan singkat tentang materi
§  Siswa
melakukan pendinginan
§  Berdo
10. Penilaian Pembelajaran
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran     
| 
Indikator
   Pencapaian Kompetensi | 
Penilaian | ||
| 
Teknik | 
Bentuk 
 Instrumen | 
Contoh 
Instrumen | |
| 
Aspek  Psikomotor 
·
  Melakukan passing atas dan bawah          bolavoli 
·
  Bermain dengan peraturan yang             dimodifikasi 
 Aspek  Kognitif 
·   Mengetahui bentuk-bentuk
  passing atas dan bawah pada permainan bola voli 
 Aspek Afektif 
·  Kerja sama, toleransi,
  memecahkan masalah, menghargai teman dan keberanian  | 
Tes praktik 
(Kinerja) 
Tes tertulis 
Tes 
observasi | 
Tes  Contoh Kinerja 
Pilihan ganda/uraian singkat 
Lembar observasi | 
·   Lakukan teknik dasar passing
  passing atas dan bawah bolavoli ! 
·   Posisi kedua lengan saat
  passing atas, adalah .... 
a.      
  diluruskan dan rapat 
b.     
  ditekuk dan rapat 
c.      
  disilang dan rapat 
d.     
  diduluskan dan dibuka 
·   Melakukan kerja sama,
  toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman dan keberanian  | 
- Tes unjuk kerja (psikomotor):  
   Lakukan teknik
dasar passing ( dada, pantul dan dari atas kepala)
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai
antara 1 sampai dengan 4
                     Jumlah skor yang
diperoleh
Nilai =  -----------------------------------------
X 100
                     Jumlah skor
maksimal
- Pengamatan sikap (afeksi):  
   Mainkan permainan
bolavoli dengan peraturan yang telah dimodifikasi.  Taati aturan permainan, kerjasama dengan
teman satu tim dan tunjukkan perilaku sportif, keberanian, percaya diri dan
menghargai teman
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan,
setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang
diharapkan.  Tiap perilaku yang di cek (
√ ) memdapat nilai 1
Jumlahskor yang diperoleh
Nilai  =  ----------------------------------------- X
100
Jumlah skor maksimal
-  Kuis/embedded test (kognisi):
Jawab secara lisan atau peragakan dengan baik, pertanyaan-pertanyaan
mengenai konsep gerak dalam permainan bolavoli
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai
antara 1 sampai dengan 4
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai =  -----------------------------------------
X 100
Jumlah
skor maksimal
-    Nilai akhir yang diperoleh siswa =
| 
Nilai tes
    unjuk kerja + nilai observasi + nilai kuis | 
1.      Rubrik
Penilaian
                                                                RUBRIK PENILAIAN
                                UNJUK KERJA TEKNIK DASAR
PERMAINAN BOLAVOLI
| 
Aspek
  Yang Dinilai | 
Kualitas
  Gerak | |||
| 
1 | 
2 | 
3 | 
4 | |
| 
    Melakukan
  Teknik Dasar Passing Atas dan Bawah 
1.  Posisi
  kedua lutut saat akan melakukan passing atas direndahkan 
2.  Bentuk
  gerakan lengan saat melakukan passing atas dan bawah mendorong bola ke depan
  atas 
3.  Posisi
  badan yang benar saat akan melakukan passing atas dan bawah dalam permainan
  bolavoli 
4.  Bentuk
  arah bola hasil passing atas dan bawah dalam permainan bolavoli berbentuk
  parabola |  |  |  |  | 
| 
JUMLAH |  | |||
| 
JUMLAH SKOR
  MAKSIMAL: 100 |  | |||
RUBRIK PENILAIAN
PERILAKU DALAM PERMAINAN BOLAVOLI
| 
PERILAKU
  YANG DIHARAPKAN | 
CEK (√
  ) | 
| 
1.  Bekerja sama dengan teman satu tim |  | 
| 
2.  Keberanian dalam melakukan gerakan (tidak
  ragu-ragu) |  | 
| 
3.  Mentaati peraturan |  | 
| 
4.  Menghormati wasit(sportif) |  | 
| 
5.  Menunjukkan sikap bersungguh-sungguh dalam
  bermain |  | 
| 
JUMLAH |  | 
| 
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 100 |  | 
                                                         RUBRIK PENILAIAN
                PEMAHAMAN KONSEP GERAK DALAM PERMAINAN BOLAVOLI
| 
Pertanyaan
  yang diajukan | 
Kualitas
  Jawaban | |||
| 
1 | 
2 | 
3 | 
4 | |
| 
1.  Bagaimana
  posisi kedua lengan saat kamu passing bawah dalam permainan bolavoli ? 
2.  Bagaimana
  posisi kedua telapak tangan saat kamu passing atas dalam permainan bolavoli ? |  |  |  |  | 
| 
JUMLAH |  | |||
| 
JUMLAH SKOR
  MAKSIMAL: 100 |  | |||
11. Sumber Belajar
- Ruang terbuka yang datar dan aman
- Bola
- Buku teks
- Buku referensi, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas X,
- Lembar Kerja Proses Belajar, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Mengetahui                                                                 Guru 
Kepala Sekolah                                                           Mata
Pelajaran
(………………………………)                                  (………………………………)
NIP.                                                                            NIP.    
 
itu kok ada bolabasket sama sepakbolanya? memang sengaja atau salah ya?
BalasHapus