A.PENDAHULUAN
Seperti kita
ketahui di zaman kecanggihan Informasi sekarang ini kita dapat memperoleh
berbagai macam informasi atau kebutuhan yang kita butuhkan di internet. Mulai
news, education, hiburan, shopping, dan berbagai macam kebutuhan dan informasi
lainnya tanpa batas di internet.
Namun dengan
kehadiran internet ini tentunya tak lepas dari hal negatif. Antara masih
banyaknya situs yang berbau negatif, yang mendukung konten Sara, Pornografi,
Explisit, Phising dan Exploit. Tentunya hal ini juga cukup mengkhawatirkan
terutama bila website yang merugikan semacam itu bila di akses oleh kalangan
yang belum matang jiwanya seperti siswa pelajar yang belum cukup dewasa.
Internet
memang sangat dibutuhkan untuk memajukan pendidikan para pelajar, namun kita
harus selalu aktif mengawasi penggunaan internet untuk para pelajar dibawah
umur tersebut.
Sebenarnya
kita bisa mengurangi dampak negatif internet dengan cara membatasi atau
memblokir beberapa situs yang mengandug hal-hal yang tidak bermanfaat, sehingga
internet lebih aman untuk semua kalangan terutama untuk menciptakan internet
yang aman untuk para pelajar, sekaligus menghindarkan komputer kita dari
website yang berisi virus dan spyware.
B. GAGASAN
POKOK
Dampak
Negatif yang dapat dirasakan masyarakat sebagai bagian dari kemajuan dunia
serta perkembangan Teknologi yang senatiasa berkembang. Beberapa danpak negatif
tersebut adalah :
v Mudahnya
kontenpornografi beredar ke tengah masyarakat.
v Semakin
pesatnya peredaran Video, gambar dan artikel yang berbau sara.
v Adanya
perdagangan manusia ( Human Trafficing ).
v Munculnya
cyber crime yang meresahkan masyarakat.
v Penipuan
melaui media jejaring sosial yang semakin pesat.
v Media
internet adalah media yang paling mudah digunakan untuk menghancuran budaya
hidup bangsa.
v Berkembangnya
budaya budaya yang salah dan disebar luaskan melalui internet.
v Kurangnya
pembatasan kebebasan dalam dunia internet.
v Informasi
yang merugikan dapat dengan mudah mempengaruhi masyarakat.
v Banyak
anak-anak yang terjebak dalam dunia jejaring sosial, dan menggangap dunia maya
lebih penting dari dunia nyata.
v Rusaknya
filtrasi budaya bangsa yang baik, karena banyak budaya yang begitu mudahnya
memepengaruhi budaya hidup bangsa.
v Kurangnya
kesadaran masyarakat akan penggunaan media internet.
v Hilangnya
budaya daerah dan adat yang beraneka ragam dikalangan remaja dan pemuda.
Adapun
beberapa hal yang menyebabkan Dunia Internet banyak membawa dampak negatif bagi
masyarakat umum, antara lain :
§ Tidak adanya
kesadaran dari masyarakat akan bahayanya Informasi dan konten yang beredar di
dunia Internet.
§ Kurangnya
Lembaga yang melakukan Pengendalian Informasi dan Konten dalam Dunia Internet.
§ Lemahnya
penegakan Hukum tindak pidana dalam dunia Cyber.
§ Minimnya
sosialisasi penggunaan dan pemanfaatan Internet dalam kalangan masyarakat.
§ Cara
pengedalian Informasi Dunia Internet masih terlalu minim jika dibandingkan
§ dengan
banyaknya pengguna Internet yang semakin bertambah pesat
Beberapa contoh-contoh dan upaya dari
Pemerintah dan MenKomInfo dalam usaha membatasi kebebasan beraktivitas didalam
dunia internet, diantaranya adalah :
1. UU ITE
(Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektonik ) yang disahkan pemerintah
sekitar bulan Maret 2008 yang salah satu pasalnya berisi mengenai larangan
mendistrubusikan dan atau Mentransmisikan dan atau membuat dapat diaksesnya
Informasi Elektronik dan atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan yang
melanggar kesusilaan.
2. Adanya
software yang didesign khusus dan berfungsi untuk memblokade User saat
mengakses situ apapun website yang dianggap melanggar undang-undang pemerintah,
khususnya hal pornografi.
3. Upaya
Pemerintah menutup situs situs yang membahayakan dan melakukan kontrol terhadap
semua situs yang sering digunakan masyarakat umum sebagai upaya menekan kebebasan
Berinternet yang melanggar UU IT
C.KESIMPULAN
a)
Intensitas penggunaan media internet melalui indikator keaktifan
berdasarkan frekuensi dan lama waktu mengakses berpengaruh terhadap karakter
berkenaan dangan konsep diri berupa penilaian tentang diri (selft esteem) dan pengendalian diri (self control) agar tidak kecanduan
internet yang dapat menggangu kepribadian dan berdampak pada berkurangnya
interaksi antar manusia di kehidupan nyata.
b) Terpaan
media internet dengan motif kesenagan berupa aktivitas mencari informasi
terkait hobi, minat dan hiburan, serta mengunjungi situs pertemanan Facebook, Twitter, Yahoo Messenger berpengaruh
terhadap karakter berkenaan dengan kemampuan self knowledge, self control dan will untuk mau berbuat baik dalam upaya memperkuat nilai dan norma
yang membentuk karakter sebagai warga negara yang baik dan cerdas (good and smart)
c) Terpaan
media internet dengan motif edukatif berupa aktivitas mencari sumber atau bahan
terkait tugas pelajaran sekolah dan mencari informasi tentang perguruan tingg
yang berpengaruh terhadap karakter berkenaan self control siswa yankni pengendalian diri agar selalu berbuat
baik dengan cara pembiasaan (habit),
pembudayaan dan diaplikasikannya teknologi informasi khususnya media internet
yang berlandaskan sense of humanity
sehingga menghasilkan kegiatan yang produktif.
d) Intensitas
penggunaan dengan motif kesenangan dan motif edukatif yang terarah akan
menghasilkan aktivitas produktif dan kreatif berupa web atau page design
rekayasa software, games , science
animasi film dan berpengaruh terhadap karakter siswa serta penggunaan dengan
motif eduktif yang tinggi akan memberikan landasan kognisi baru bagi
terbentuknya sikap, watak serta konsep nilai moral dalam diri sehingga
menyadari hakekat teknologi diciptakan untuk memudahkan manusia dalam
memecahkan masalah kehidupannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar