RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
1.Identitas Sekolah
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani
Kesehatan dan Olahraga
Kelas/Semester : X / Genap
Pokok Bahasan : Lari Jarak Pendek
Sub Pokok
Bahasan : Teknik Start, Lari Dan
Memasuki Finish
Alokasi waktu : 2 x 45 menit
Pertemuan :
1 (satu)
2.Standar
Kompetensi
Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan
olahraga, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
3.Kompetensi
Dasar
Mempraktikan ko mbinasi teknik da sar salah satu permainan dan olah raga
lanjutan dengan baik serta nilai
kerjasama , toleransi , percaya diri,
keberanian, menghargai lawan,bersedia berbagi
tempat dan peralatan *
4.Indikator
Pencapaian Kompetensi
a.
Melakukan
teknik dasar start jongkok, dengan
benar
b.
Melakukan kombinasi tehnik dasar strat, lari dan finish,
dengan benar
c.
Melakukan
lomba lari jarak pendek, dengan
benar
5.Tujuan
Pembelajaran
a.
Siswa
dapat melakukan teknik dasar start
jongkok, dengan benar
b.
Siswa dapat melakukan kombinasi
tehnik dasar strat, lari dan finish, dengan benar
c.
Siswa
dapat melakukan lomba lari jarak pendek, dengan benar
6. Materi Pembelajaran
Lari jarak Pendek
1.
Teknik
dasar start jongkok
2.
Kombinasi tehnik dasar strat, lari dan finish
3.
Lomba
lari jarak pendek dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai
disiplin, percaya diri dan kejujuran
7.
Alokasi Waktu Materi
No.
|
Materi
|
Waktu
|
1
|
Teknik Start jongkok
|
15 menit
|
2
|
Teknik start,lari
dan finish
|
15 menit
|
3
|
Lomba lari dengan dimodifikasi
|
20 menit
|
8.
Metode Pembelajaran
No.
|
Materi
|
Metode
|
1
|
Teknik Start jongkok
|
Demonstrasi
dan penugasan
|
2
|
Teknik start,lari
dan finish
|
Demonstrasi
dan penugasan
|
3
|
Lomba lari dengan dimodifikasi
|
Latihan
dan penugasan
|
9. Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 Menit)
·
Preparasi/persiapan
§ Siswa
di bariskan
§ Mengabsen
siswa
§ Pemanasan
dan berdoa
·
Apresiasi tidak ada
·
Motivasi
Menjelaskan
manfaat dari lari jarak pendek
Inti Pembelajaran (70
Menit)
a. Eksplorasi
(10 Menit)
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
1. Memperaktekkan teknik Start jongkok
2. Mempraktekkan Teknik start,lari dan finish
3. Menjelaskan cara lomba lari dengan peraturan modifikasi
b.
Elaborasi (50 Menit)
1. Melakukan teknik Start jongkok
2. Melakukan teknik
start,lari dan finish
3. Berlomba lari dengan peraturan modifikasi
Gambar
: start jongkok
c.
Konfirmasi (10 Menit)
· Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari seluruh
proses pembelajaran yang telah selesai
· Guru membuat penilaian terhadap keberhasilan proses
pembelajaran secara transparan
· Guru dan peserta didik melakukan refleksi apa yang telah
dicapai dan belum dicapai sesuai dengan tujuan yang ditetapkan
Penutup Pembelajaran (10 Menit)
·
Motivasi
Memberikan Pujian kepada siswa
yang sudah memahami materi dan dorongan kepada siswa yang belum memahami materi
·
Preparasi
§ Memberikan
kesempatan untuk bertanya
§ Memberi
rangkuman
§ Memberi
penjelasan singkat tentang materi
§ Siswa
melakukan pendinginan
§ Berdoa
10. Penilaian Pembelajaran
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah
pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Psikomotor
· Melakukan tehnik dasar start jongkok mengunakan
aba-aba (bersedia, siap,ya/go)
· Melakukan kombinasi tehnik dasar strat, lari dan
finish
· Melakukan lomba lari dengan peraturan yang dimodifikasi
Kognitif
·
Mengetahui
bentuk –bentuk teknik dasar start
jongkok mengunakan aba-aba, teknik lari dan finish
Afektif
Dapat
bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan
berbagi tempat serta peralatan dengan teman
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes
Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan teknik
start jongkok ,lari
dan finish
Pendaratan telapak kaki yang benar
saat lari jarak jarak pendek, adalah .
Kerjasama,
toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi
tempat dan peralatan
|
Teknik penilaian:
- Tes unjuk kerja (psikomotor):
Lakukan
teknik dasar lari jarak pendek
Keterangan:
Berikan
penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai
antara 1 sampai dengan 4
Jumlah skor yang
diperoleh
Nilai = ----------------------------------------- X
50
Jumlah skor maksimal
- Pengamatan sikap (afeksi):
Lakukan teknik
dasar lari jarak pendek dengan peraturan yang telah dimodifikasi untuk
menanamkan nilai kerjasama, toleransi,
percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan
peralatan
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta
ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan. Tiap perilaku yang di cek ( √ ) memdapat
nilai 1
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = ----------------------------------------- X
30
Jumlah
skor maksimal
- Kuis/embedded test (kognisi):
Jawab secara lisan atau peragakan dengan baik, pertanyaan-pertanyaan
mengenai konsep gerak dalam teknik dasar lari jarak pendek
Keterangan:
Berikan
penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara
1 sampai dengan 4
Jumlah skor yang
diperoleh
Nilai = ----------------------------------------- X
20
Jumlah skor maksimal
-
Nilai akhir yang diperoleh
siswa =
Nilai tes
unjuk kerja + nilai observasi + nilai kuis
|
2. Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA TEKNIK DASAR LARI JARAK PENDEK
Aspek Yang
Dinilai
|
Kualitas Gerak
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1. Gerakan lengan diayun
depan belakang di atas pinggang
2.
Gerakan
kaki cepat
3.
Pendaratan
telapak kaki menggunakan ujung telapak kaki
4.
Posisi
badan condong ke depan
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
|||
JUMLAH SKOR
MAKSIMAL: 100
|
|
RUBRIK PENILAIAN
PERILAKU
DALAM LARI JARAK PENDEK
PERILAKU YANG DIHARAPKAN
|
CEK (√ )
|
1. Bekerja sama dengan teman dalam melakukan
kegiatan
|
|
2. Toleransi/menghargai lawan
|
|
3. Percaya diri/keberanian( bersungguh-sungguh
dalam bermain)
|
|
4. Bersedia berbagi tempat dan peralatan
|
|
|
|
Jumlah
|
|
Jumlah Skor Maksimal = 100
|
|
|
|
RUBRIK PENILAIAN
PEMAHAMAN KONSEP
LARI JARAK PENDEK
Pertanyaan yang diajukan
|
Kualitas Jawaban
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1.
Bagaimana
pendaratan telapak kaki lari jarak pendek?
2.
Bagaimana
posisi gerakan lengan yang benar pada saat melakukan lari jarak pendek?
3.
Bagaimana posisi badan yang benar pada saat melakukan
lari jarak pendek ?
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
|||
JUMLAH SKOR
MAKSIMAL: 100
|
|
11. Sumber Belajar
- Ruang terbuka yang datar dan aman
- Bendera start dan finish
- Buku teks
- Buku referensi, , Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas X,
- Lembar Kerja Proses Belajar, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Mengetahui Guru
Kepala Sekolah Mata
Pelajaran
(………………………………) (………………………………)
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar